Selain Pizza dan Spaghetti, Ini Menu Italia Yang Tak Kalah Lezatnya

0

Beepdo.com, Jakarta – Tak hanya diisi dengan berbagai nilai budaya tinggi seperti seni rupa, teater dan mode, Italia juga memiliki makanan khas yang kelezatannya tak perlu lagi diragukan. Masakan-masakan Italia bahkan bisa ditemui di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang sangat universal.

Tak hanya Pizza, dan Spaghetti lho, ternyata ada banyak kuliner negeri sepakbola ini yang layak dicicipi. Yuk, simak ulasanya di bawah ini:

1. Chicken Parmigiana

Chicken Parmigiana (FoodNetwork)

Chicken parmigiana adalah hidangan ayam yang berasal dari daerah bernama Parmigiana. Makanan ini terdiri dari dada ayam yang dilapisi tepung roti, kemudian disajikan dengan saus neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Di Australia penambahan sepotong ham atau daging membuat parmiagana tersebut menjadi lebih berkalori tinggi. Hidangan ini biasanya juga disajikan dengan keripik kentang dan salad.

2. Bruschetta

Bruschetta (Taste)

Terdiri dari roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan atasnya diberi taburan minyak zaitun, garam dan merica. Selain itu, Bruschetta bisa juga diberi topping berupa tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam, atau keju. Resep yang paling populer di luar Italia biasanya menambahkan daun kemangi, tomat segar, bawang putih dan bawang merah atau mozzarella dalam penyajian Bruschetta. Bruschetta biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka. Rasanya yang ringan dan bisa membangkitkan selera membuat makanan ini enak dimakan kapan saja.

3. Panna Cotta

Panna Cotta (Driscolls)

Panna cotta adalah hidangan penutup Italia yang dibuat dari krim, susu dan gula, pencampuran dengan gelatin yang didihkan dan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Makanan ini diyakini berasal di wilayah Italia Utara Piedmont, dan bisa ditemukan di hampir seluruh Italia. Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat atau buah coulis. Makanan ini seolah bisa menjadi penetralisir lidah anda setelah menikmati berbagai hidangan khas Italia.

4. Panino

Panino (Jennie)

Di Italia, panino adalah kata yang digunakan untuk menyebut sandwich yang terbuat dari roti yang disebut dengan nama “Tramezzino”. Contoh jenis roti yang digunakan untuk membuat Panini adalah ciabatta, rosetta dan baguette. Roti dipotong horisontal dan diisi dengan bahan-bahan lezat seperti daging asap, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya, dan kadang-kadang disajikan hangat setelah dimasak di atas panggangan yang super panas. Ada versi populer panino yang sangat terkenal di Central Italia diisi dengan porchetta, (irisan daging panggang) dengan garam dan rempah-rempah khas Italia selatan. Panino cocok disantap sebagai sarapan untuk mengawali hari anda yang panjang.

5. Risotto

Risotto (WilliamSonoma)

Risotto adalah hidangan nasi campur khas Italia Utara, yaitu beras yang dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim. Kaldu yang digunakan dapat berasal dari daging, ikan, atau sayuran. Risotto dapat ditemukan di banyak kota di Italia, tetapi jenis masakan yang paling populer di terdapat di Venice. Risotto seafood dan jamur adalah spesialisasi para juru masak di Venice.

Nampak lezat semuanya, ya guys. Selamat mencicipi menu khas Italia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers