Ogah Macet Saat Mudik? Naik Kapal Aja, Gratis! Ini Syaratnya

0

Beepdo.com, Jakarta – Tidak hanya angkutan darat, Kementerian Perhubungan juga menyediakan fasilitas mudik gratis dengan menggunakan kapal laut untuk arus mudik dan balik 2018. Tiket yang disediakan untuk 33.000 orang dan 16.000 sepeda motor. Sejumlah kapal milik Kemenhub pun telah disiagakan untuk program mudik gratis. Jumlahnya dijanjikan akan bertambah menyesuaikan animo masyarakat menggunakan tawaran fasilitas tersebut.

Adapun trayeknya Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, PP (pulang-pergi). Jadwal keberangkatan mudik, yaitu pada 9, 10, 11, 12 dan 13 Juni 2018 dengan trayek Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Emas Semarang. Sedangkan untuk arus balik, yakni pada 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018 dengan trayek Tanjung Emas Semarang-Tanjung Priok Jakarta.

Mudik gratis dengan kapal laut (HarianNasional)

Cara pendaftaran secara online, yaitu melalui laman mudikgratis.dephub.go.id dengan mengisi data dan melengkapi persyaratan, lalu mendapatkan kode pemesanan. Kemudian, bawa kode pemesanan ke tempat verifikasi untuk mendapatkan tiket.

Pendaftaran dibuka selama periode 25 Maret-19 Mei 2018, sementara verifikasi Pendaftaran Online selama periode 27 Maret-19 Mei 2018. Sementara itu, untuk pendaftaran langsung (offline) dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK dan KK asli. Pendaftaran dibuka pada 21 Mei-2 Juni 2018 pukul 09.00 WIB-16.00 WIB setiap hari selama kuota masih tersedia.

KM Ciremai (Wisatawan)

Lokasi Verifikasi Dan Pendaftaran Langsung, yaitu di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta Utara. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta mudik wajib melakukan verifikasi data dengan membawa bukti pendaftaran online dan kelengkapan persyaratan administrasi (SIM C, STNK, KTP, KK) paling lambat tujuh hari kerja setelah pendaftaran online di lokasi-lokasi yang telah ditentukan pada pukul 09.00-16.00 WIB setiap hari.

Sementara itu, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni bekerja sama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengadakan program mudik gratis 2018 dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya. Namun, ada beberapa rute lain yang dilayani dalam kerja sama tersebut di antaranya Batam-Belawan, Pontianak-Surabaya, Kumai-Semarang, Kumai-Surabaya, Sampit-Semarang, Sampit-Surabaya, Balikpapan-Surabaya, Makassar-Baubau, Makassar-Bima, dan Makassar-Surabaya.

KM Dorolonda (Jumanto)

Untuk pendaftaran, kamu cukup menyebutkan nama, alamat, nomor handphone yang bisa dihubungi, dan berapa orang yang akan didaftarkan ke nomor 162. Manager Public Relation and Corporate Social Responsibilities PT Pelni Akhmad Sujadi menjelaskan, mudik gratis dari Jakarta ke Surabaya akan menggunakan dua kapal, yaitu KM Ciremai dan KM Dorolonda. KM Ciremai memiliki jadwal keberangkatan hari Senin, 4 Juni 2018 mendatang, dan untuk KM Dorolonda pada Sabtu, 9 Juni 2018. Untuk KM Ciremai, tersedia 850 tiket kelas ekonomi. Sementara, tiket KM Dorolonda yang disediakan lebih banyak, yaitu sebanyak 1.200 lembar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers