Besok! Art Jog 2018 Digelar, Ratusan Karya Seni dari Berbagai Negara Bakal Manjakan Mata

0

Beepdo.com, Jakarta – Pameran seni tahunan Art Jog dijadwalkan berlangsung dari tanggal 4 Mei – 4 Juni 2018 di Museum Nasional Jogja di Yogyakarta. Tahun ini, Art Jog 2018 yang merupakan edisi ke-11 akan menampilkan ratusan karya seni yang dibuat oleh puluhan seniman lokal dan mancanegara.

Di kutip dari situs Artjog, kegiatan ini merupakan pertemuan bagi gagasan dan ide-ide baru dalam kesenian. Beragam presentasi bentuk seni lintas disiplin dapat ditemui di dalamnya. Mulai dari seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni pertunjukan hingga para pelaku industri kreatif pun dapat saling bersinggungan di sini.

Salah satu karya seni yang ditampilkan pada Art Jog 2013 (Artjog)

Art jog berusaha terus mengikis sekat-sekat yang membatasi praktik dan pemaknaan dalam kesenian, sambil terus menumbuhkan dan merawat jejaring antara sesama seniman, dengan pasar, dengan pemangku kebijakan, dan dengan publik yang selama ini telah terbangun dengan baik. Art Jog adalah ruang berbagi, baik pengetahuan maupun pengalaman estetika serta perkembangan seni terbaru.

Tak sekadar itu, Art Jog juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seniman dan publik untuk berpartisipasi dalam pameran melalui Open Call Application, untuk kemudian dikurasi oleh kurator Art Jog. Hal inilah yang menjadikan istimewa Art Jog 2018. Maka tak heran, kalau temanya adalah “Enlightenment” yang berarti pencerahan. Di mana, tema tersebut tidak hanya dimaknai sebatas pencerahan sesungguhnya, namun juga sebagai upaya mengusir kegelapan (darkness) kepada sesuatu yang terang.

Salah satu karya seni yang ditampilkan pada Art Jog 2010 (Artjog)

Setidaknya ada 54 seniman, baik lokal maupun mancanegara yang akan ikut andil dalam acara ini. Selain itu, lebih dari 120 karya seni yang terdiri dari karya dua dimensi dan tiga dimensi, instalasi, video, objek dan pertunjukan spesifik.

Pameran seni Art Jog diharapkan mampu menyedot animo publik khususnya anak muda, termasuk pengunjung domestik ataupun yang berasal dari luar negeri. Selain Indonesia, seniman dari beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Australia, China, Amerika Serikat (AS) dan Jerman akan unjuk gigi yang tentunya sangat berpengalaman dengan menyuguhkan karya seni yang inspiratif.

Salah satu karya seni yang ditampilkan pada Art Jog 2012 (Artjog)

Di samping gelaran pameran seni, Art Jog juga bakal menghelat Meet The Artist, yakni memfasilitasi publik untuk dapat bertemu dan berbincang langsung dengan seniman yang terlibat dalam Art Jog. Program ini memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan dan dialog antara seniman dan publik seni. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai program lainnya meliputi Curatorial Tour, di mana pengunjung akan diajak mengelilingi ruang pamer dengan dipandu oleh tim kurator.

Kemudian ada pula Special Performance yang menghadirkan persinggungan beragam bentuk seni melalui pertunjukan. Di sini Art Jog akan menggandeng seniman (kelompok seni) yang telah memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dalam bidangnya untuk ikut serta merayakan Art Jog. Art Jog mengundang seniman dan para pekerja kreatif untuk membuat dan memasarkan produk-produk mereka kepada publik dengan program Merchandise Project.

Salah satu karya seni yang ditampilkan pada Art Jog 2017 (Artjog)

Art Jog akan dibuka untuk umum setiap hari mulai tanggal 5 Mei hingga 4 Juni 2018 pukul 10.00-21.00 WIB bertempat di Jogja National Museum (JNM), Jalan Prof. Ki Amri Yahya Nomor 1, Gampingan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Bagi masyarakat umum yang hendak berkunjung cukup membayar senilai Rp50.000 untuk tiket masuk.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers