Di Balik Keindahan Gunung Meja, Ternyata Simpan Cerita Tragis

0

Beepdo.com, Jakarta – Bila Afrika Selatan punya Table Mountain, Indonesia juga punya gunung Meja. Bila kamu ke Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), kamu bakal mendapati gunung yang indah ini.

Hal yang membedakan sekaligus menjadi ciri khas dari gunung di tanah Flores ini ialah bentuk puncaknya yang mendatar. Bila disaksikan dengan seksama gunung ini berbentuk seperti meja.

Di pulau Ende sendiri terdapat tiga gunung dan satu pulau. Yaitu Gunung Meja, Gunung Kengo dan Wongge, dan satu pulau kecil, Pulau Koa. Hal yang menarik dari gunung ini ialah asal usul adanya Gunung Meja. Keberadaan gunung ini tak lepas dari cerita legenda yang dibumbui cinta.

Gunung Meja, Ende (WisataPriangan)

Menurut penuturan masayarakat sekitar, cerita yang sudah turun temurun dari generasi ke generasi itu berawal dari seorang gadis cantik bernama meja. Karena kecantikannya, meja diidolakan para pemuda.

Suatu ketika datanglah dua pemuda tampan yang mendekati Meja. Yaitu, Wongge dan Kengo. Mereka berdua awalnya bersahabat dan sangat dekat. Wongge berasal dari keluarga sederhana, sementara Kengo dari keluarga kaya. Namun keduanya memiliki karakter yang berbeda. Wongge ramah dan santun, sedangkan Kengo pemarah. Lalu keduanya mulailah mendekati Meja.

Singkat cerita, Meja sudah menjatuhkan pilihan hatinya, yaitu kepada Wongge. Keluarga Wongge pun segera datang untuk melamar Meja. Berita tersebut terdengar hingga ke pelosok negeri. Kengo yang mendengar cerita tersebut marah dan tak terima.

Gunung Meja, Ende (Lilianatwin)

Kengo kemudian mendatangi mereka lalu mengutarakan isi hatinya. Karena telah memilih Wongge, Meja berkata jujur tentang isi hatinya. Tak terima dengan keadaan tersebut, Kengo marah besar dan menetapkan tak boleh ada seorang pun mendapatkan Meja. Sebelum Wongge datang ia berpikir Meja harus dibunuh. Akhirnya Kengo menebas kepala Meja. Menurut legenda, kepala Gunung Meja yang ditebas kemudian terdampar ke arah barat hingga keluar pulau. Kepala Gunung Meja, dipercaya ialah pulau kecil yang bernama Pulau Koa di sekitar Ende.

Kini kamu pun bisa melihat atau mendaki gunung yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Ende ini. Gunung Meja mempunyai ketinggian 661 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Meja akan terlihat saat kita datang ke NTT menggunakan pesawat dan mendarat di bandara H. Hasan Aroeboesman, Ende di sebelah barat daya. Indahnya Gunung Meja juga bisa kita nikmati saat kita berkunjung di Pantai Mbuu, Ende.

Gunung Meja, Ende (IndonesiaKaya)

Untuk mencapai puncak Gunung Meja, kita harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari Desa Rukun Lima, Ende Selatan. Di puncak Gunung Meja kita bisa melihat cantiknya pemandangan Pulau Ende. Karena gunung ini tidak mempunyai kawah, kita bisa menemukan perempuan-perempuan Ende sedang bertani di puncaknya. Gunung ini mempunyai nama lain Gunung Pui.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers