5 Tempat Wisata Keren di Nias, Nomor 3 Sejarah Penting Yang Terlupakan

0

Beepdo.com, JakartaNias adalah kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia, dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Kepulauan yang nyaris terlupakan ini ternyata menyimpan surga tersembunyi.

Tak hanya soal sejarah, nias punya pantai-pantai yang menarik dan budaya yang terus dilindungi hingga saat ini. Yuk, simak langsung, kamu bisa menikmati apa aja sih di sana:

1. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto. (PotretWisataIndonesia)

Salah satu keistimewaan pantai yang terletak di Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara ini adalah karang-karang eksotis yang dikenal sebagai batu otak karena sekilas menyerupai otak. Batu-batu ini sebelumnya berada di bawah laut, namun sekarang berada di daratan pantai lantaran ‘surutnya’ air laut yang terjadi sejak peristiwa gempa bumi yang terjadi di Pulau Nias pada Maret 2005 silam. Selain itu, kamu juga dapat merasakan sensasi mengapung meski tanpa pelampung seperti di Laut Mati loh! Hal ini disebabkan oleh kandungan kadar garam yang sangat tinggi di air laut pantai ini. Wajar saja, jika Pantai Tureloto dijuluki sebagai Laut Mati-nya Indonesia. Akan tetapi, walaupun kadar garamnya sangat tinggi, ternyata pantai ini masih menyimpan kehidupan biota laut yang kaya di dalamnya.

2. Pantai Hoya

Pantai Hoya (tentangDavestPay)

Di sepanjang Pantai Hoya yang berada di Kec. Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli ini berjejer indah ratusan pohon pinus. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pondok atau warung yang menyajikan aneka hidangan laut (seafood) yang menggugah selera untuk semakin memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

3. Mesin Pencetakan Uang Nias

Mesin Pencetakan Uang Nias (Arah)

Pada masa Agresi Militer Belanda I, Nias pernah memiliki alat pencetakan uang sebagai alat pembayaran yang sah, diberi nama Oeang Republik Indonesia Nias (ORIN). Kala itu Bupati Nias dijabat oleh P R Telaumbanua dan pernah menjadi Gubernur Sumatera Utara. Mesin ini berada di Desa Onowaembo.

4. Permukiman Rumah Adat Tradisional

Desa Tumöri (SuaraNusantara)

Kawasan rumah tradisional yang unik dan diakui memiliki konstruksi rumah tahan gempa, terbukti saat gempa beberapa waktu silam. Pemukiman ini terletak di Desa Tumöri, Gunungsitoli Barat.

5. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo (YouTube)

Air terjun ini terletak di Desa Onowaembo, dengan ketinggian 8 meter, lebar 4 meter, dan bertingkat-tingkat. Menurut beberapa pengunjung, berendam di air terjun ini serasa menikmati terapi alam.

Itulah deretan tempat wisata menarik di Nias. Selamat berlibur, guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers