Nama Makanan Khas Solo Ini Sangat Unik

0

Beepdo.com, Jakarta – Biasanya seseorang memberi nama hasil kreasi menu makanannya dengan sebutan yang unik untuk menarik konsumen. Salah satu kota yang memiliki nama-nama makanan yang unik itu ada di Solo, Jawa Tengah.

Tak sedikit, kuliner khas Solo itu diberi nama unik. Soal rasa, hmmm tak kalah kok dengan makanan lain yang punya nama lebih keren. Simak ulasasan selengkapnya di bawah ini ya:

1. Sate Buntel

Sate Buntel (Okezone)

Sate Buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing untuk kemudian dibakar. Arti kata buntel dalam bahasa jawa adalah bungkus.

2. Cambuk Rambak

Cambuk Rambak (KSMTour)

Makanan dari solo ini cocok juga dijadikan cemilan ketika sarapan, makan siang, maupun makan malam. Cambuk rambak disajikan dengan pincuk semacam wadah yang terbuat dari daun pisang. Cambuk rambak bisa kamu temui ketika pagi hari di sekitar Stadion Manahan Solo.

3. Sup Matahari

Sup Matahari (Wikipedia)

Satu lagi makanan khas solo yang terkenal, yaitu sup matahari. Sup matahari ini berisi galantin ayam yang dicampur dengan berbagai macam jamur serta wortel kemudian dibungkus telur dadar. Galantin akan disajikan di piring dengan kuah panas, seketika bungkus telur tadi akan terbuka mekar seperti bunga.

4. Mata Maling

Mata Maling (Bukalapak)

Makanan ringan khas Solo Jawa Tengah mata maling merupakan camilan yang terbuat dari kulit mlinjo. Kulit mlinjo digoreng dengan terlebih dahulu dicampur bumbu rempah, gula, dan cabai. Rasanya gurih, manis, dan pedas.

5. Balung Kethek

Balung Kethek (Tokopedia)

Makanan khas solo untuk oleh-oleh ini memiliki arti tulang monyet. Padahal balung kethek ini mirip dengan keripik singkong balado, hanya saja lebih tebal.

6. Solo Prabu

Solo Prabu (YouTube)

Makanan khas solo untuk oleh-oleh yang baru launching bulan Juni lalu ini dimiliki oleh Febri Utomo atlet basket dari Solo. Solo prabu merupakan kue berbentuk bulat, ada pastry dibagian atas dan soft cake dibagian bawahnya yang dijual dengan varian rasa yang beragam. Jajanan kekinian yang recommended nih.

Nah itu lah 6 makanan khas Solo, yang diberi nama unik. Pernah mencoba salah satunya?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers