gay male sex hookup sites sex app usa absolutely free online hookup sites social hookup dating site best free dating hookup apps vacation hookup app

Mengenal Ballo, Minuman Keras Asal Makasar

0

Beepdo.com, JakartaBallo adalah minuman sejenis tuak yang berasal dari daerah Bugis Makasar. Minuman ini merupakan hasil fermentasi dari beberapa jenis pohon yang banyak tumbuh di daerah Makasar antar lain Enau, Nipa, Lontar.

Untuk membuat Ballo, caranya sangat mudah. Air yang berasal dari buah lontar ditampung kemudian dipendam di dalam tanah selama beberapa hari. Kadar alkohol ballo sendiri juga bereda-beda tergantung dari hasil pembuatannya. Tapi biasanya kadar alkoholnya hampir sama dengan tuak pada umumnya.

Proses pembuatan Ballo dari pohon Lontar (YouTube)

Ballo biasanya diminum sebagian warga untuk menghilangkan rasa dingin dan beberapa warga juga percaya minum ballo dapat menambah daya tahan tubuh jika diminum dalam porsi yang wajar. Biasanya, orang menyebut ballo nipa untuk minuman yang dibuat dari sari pohon nipa, ballo tala` di buat dari sari pohon tala, ballo inru’ dibuat dari sari pohon aren sedangkan ballo ase adalah ballo buatan atau biasanya dibuat dari air perasan beras dan semacamnya,

Ballo (Cilfiakurniadewi)

Minuman ballo’ lazim terlihat saat ada acara hajatan warga. Biasanya mereka berkumpul di belakang rumah empunya hajatan ditemani beberapa ekor itik/bebek, ayam, dan makanan (bi’bikang) lainnya. Di Jeneponto, Ballo’ cukup mudah diperoleh. Itu karena hampir di setiap sudut wilayah ini, banyak orang yang bekerja sebagai Pae’ba’ Ballo’ (Pembuat Arak).

Ballo (DinamikaHidup)

Namun, menurut sebagian masyarakat yang kontra terhadap ballo menganggap bahwa meminum ballo adalah budaya yang tidak baik dan harus dihindari. Pasalnya ballo dapat juga merusak kesehatan dan melenceng dari ajaran agama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers