Air Terjun Moramo, ‘Niagara’ Bertingkat dari Sulawesi Tenggara

0

Beepdo.com, Jakarta – Jika menyebut nama air terjun paling terkenal di dunia, bisa jadi air terjun Niagara akan menjadi yang paling banyak disebut. Namun, Sulawesi Tenggara juga memiliki air terjun yang akan mengingatkan kalian pada air terjun Niagara, yaitu air terjun Moramo.

Bahkan mungkin kalian akan lebih menikmati air terjun Moramo ini karena ukurannya yang tak terlalu besar, sehingga orang bisa berjalan di atas bebatuan sambil tenggelam menikmati suasana air terjun dan alam sekitarnya.

Air Terjun Moramo (Siskanurifah)

Air Terjun Moramo berada di kawasan Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa di Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Luas keseluruhan suaka alam ini 38.937 hektar. Di kawasan suaka alam ini juga hidup rusa, kuskus, kupu-kupu, berbagai jenis burung, monyet hitam dan anoa.

Melewati pos atau gerbang, pengunjung dikenai tiket Rp 3.000 per orang, parkir mobil Rp 5.000, parkir motor Rp 3.000. Menariknya, nggak ada jam buka, jadi kamu bisa masuk 24 jam. Tapi biasanya pengunjung datang antara pukul 7 pagi sampai 6 sore. Gimana ya, kalau kemah di sini?

Area parkirnya luas dan sudah tertata. Ada toilet di area parkir ini. Terlihat juga banyak warung makan dan jajanan di sekitar area parkir. Dari parkir ke air terjun jaraknya 1,2 km. Susahkah? Sama sekali nggak susah. Treknya relatif datar. Dimulai dengan jalan setapak yang sudah disemen, lalu sambung ke jalan tanah, dua kali melewati jembatan kayu, menyeberangi jalur yang sedikit terendam oleh aliran air yang meluap dari sisi jalan.

Bagi yang nggak minat basah-basahan atau bawa anak kecil cukup duduk-duduk di pondokan yang tersedia atau di anak tangga batu di depan air terjun. Dari sini keseluruhan air terjun berundak-undak ini dapat terlihat. Tapi bagi yang senang mengeksplor kudu banget jalan di pinggiran air terjun untuk kemudian masuk ke area air terjun.

Air Terjun Moramo (EkspekdisiSulawesi)

Undak-undakan air terjun ini memang bisa dinaiki atau dipanjat karena merupakan batuan kapur yang nggak ditumbuhi lumut dan nggak licin. Tapi tetap waspada ya karena bebatuan di pinggiran air terjun ada juga yang licin. Dan tetap hati-hati terutama saat debit dan aliran air terjunnya deras. Jangan melangkah terlalu ke pinggir dan jaga keseimbangan tubuh agar tak oleng kena aliran airnya. Apalagi kalau mengajak anak-anak ke sini harus selalu diawasi.

Air terjun ini ada 7 tingkat. Untuk berfoto-foto di tengah air terjun cukuplah dengan naik ke undakan pertama sampai ketiga dari bawah. Di situ aja udah banyak angle Instagenik yang bisa dipilih. Tapi kalau Anda punya banyak waktu dan fisik pun mampu, silakan naik hingga ke tingkat teratas. Tapi sekali lagi tetap selalu hati-hati ya. Untuk berendam-rendam di air terjunnya juga bisa di beberapa undakan yang ada. Rata-rata sih dangkal, kecuali kolam yang paling bawah.

Air Terjun Moramo (KSMTour)

Siap berpetualang ke air terjun Moramo?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers