7 Jenis Kurma, Nomor 1 Favorit Nabi Muhammad SAW

0

Beepdo.com, Jakarta – Setiap menjelang bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri, buah Kurma akan menjadi salah satu makanan khas terpopuler di dunia yang banyak dicari untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Hal ini dikarenakan memang sunnah nabi, buah Kurma juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Ada ratusan jenis Kurma di dunia, di Arab Saudi saja ada lebih 400 jenis buah Kurma, ini belum termasuk wilayah Mesir, Irak, dan beberapa tempat lainnya. Lantas, jenis Kurma apa saja yang paling populer di dunia? berikut ulasannya

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa (Afahrurro)

Banyak orang menyebut jenis buah Kurma yang berwarna gelap dengan tekstur lembut ini dengan sebutan ” Kurma Nabi “, karena Kurma Ajwa ini adalah jenis buah Kurma favorit nabi besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Jenis buah Kurma ini hanya bisa tumbuh di kota Madinah, Arab Saudi. Sedangkan citarasanya tidak terlalu manis mirip seperti kismis.

2. Kurma Barhi

Kurma Barhi (KawaiiBeautyJapan)

Bentuk jenis Kurma ini hampir silinder dengan warna kuning terang, sedangkan citarasanya kurang lebih sama dengan jenis buah Kurma lainnya yaitu manis. Kelebihan jenis buah Kurma yang satu ini yaitu bisa dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan.

3. Kurma Kholas

Kurma Kholas (ygunik)

Bentuk buah Kurma ini mirip dengan buah Kurma Barhi dengan warna cokelat terang dan agak lengket. Sedangkan citarasanya mirip dengan Karamel ketika sudah matang. Buah Kurma ini cukup terkenal di Arab Saudi sana, karena mempunyai tekstur yang empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis.

4. Kurma Khidri

Kurma Khidri (dw)

Jenis buah Kurma ini memiliki warna cokelat terang dengan tekstur agak kering dan kulitnya agak keriput dengan rasa yang manis. Jenis buah Kurma ini adalah salah satu jenis buah Kurma yang paling banyak diekspor ke luar negeri.

5. Kurma Maktoom

Kurma Maktoom (LioutanBanten)

Kalau jenis buah Kurma yang satu ini berbentuk agak besar dengan warna merah agak kecokelatan. Kulitnya juga tebal dengan rasa yang cukup manis dan teksturnya juga agak lembut.

6. Kurma Majol

Kurma Majol (Republika)

Kalau jenis Kurma ini mengandung banyak air dengan bentuk agak besar, sedangkan citararanya cukup manis. Jenis buah Kurma ini berasal dari negara Maroko, tapi bisa juga tumbuh di negara Arab Saudi, Amerika Serikat, Palestina, Israel, dan Jordan.

7. Kurma Mozafati

Kurma Mozafati (TasnimNews)

Sebagian besar jenis buah Kurma ini tumbuh di Kerman, Iran. Buah Kurma yang juga sering disebut ” Kurma Bam “ ini memiliki warna gelap dengan tekstur lembut, berukuran sedang, dan memiliki rasa yang manis.
Biasanya, Kurma yang satu ini dikomsumsi saat masih segar, tapi bisa juga disimpan hingga 2 tahun di tempat penyimpanan yang memiliki suhu -5 derajat celcius.

Itulah 7 jenis Kurma yang paling sering kita jumpai di pasar. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers