5 Tempat Wisata di Surabaya, Dekat Dengan 3 Gereja yang Jadi Lokasi Bom Bunuh Diri

0

Beepdo.com, Jakarta – Rentetan aksi bom bunuh diri terjadi di tiga gereja. Minggu (13/5) kemarin. Ketiga gereja tersebut adalah, Gereja Santa Maria Tak Bercela di kawasan Ngagel Surabaya, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro Surabaya dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuno.

Tahu kah kamu? Di dekat gereja yang menjadi lokasi bom bunuh diri tersebut banyak sekali tempat wisata. Berikut ulasannya:

1. Taman Korea

Taman Korea (Wikipedia)

Taman korea Surabaya merupakan sebuah taman terbuka hijau di pusat kota Surabaya yang pembangunannya menghabiskan dana sekitar 544,5 juta rupiah. Nah, untuk desaign-nya sendiri bentuk taman Korea Surabaya berfokus pada bentuk bendera Taeguk Korea Selatan yang mengartikan simbol yin dan yang. Jadi, sayang banget kalo kamu sampe melewatkan spot wisata satu ini pasalnya di taman Korea Surabaya terdapat spot foto yang keren abis di jamin bakal membuat hasil foto kamu makin berkualitas.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul (InilahSurabaya)

Awal mula nama taman bungkul memang tidak lepas dari nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya, dia adalah Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul yang makamnya terdapat di belakang taman ini dan sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah. Sejak diresmikan pada 21 Maret 2007, Perkembangan Taman Bungkul semakin pesat. Salah satunya disebabkan sarana-sarana penunjang, seperti skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera.

3. Museum Perjuangan Polisi

Museum Perjuangan Polisi (TerryEndropoetro)

Beberapa barang di dalam museum di antaranya Colt Revolver 38 yang merupakan senjata Polisi Istimewa dan Polisi Republik Indonesia di tahun 1945. Shotgun Colt Double Hammer yang merupakan senjata buatan Amerika yang digunakan tentara Jepang. Selain itu, di museum ini juga terdapat beberapa kamera, mesin ketik, mesin fotokopi masa lalu. Di museum ini terdapat beberapa seragam polisi mulai jaman AKBP Kariman yang merupakan salah satu pelaku sejarah perlawanan arek-arek Surabaya melawan penjajah. Selain itu, juga seragam milik mantan Kapolwiltabes Surabaya.

4. Taman prestasi

Taman prestasi (Indoinspector)

Berbagai jenis tanaman, rumput-rumputan, serta pohon-pohonan tampak menghiasi sebagian besar dari taman. Yang menarik dari taman ini adalah karena letaknya yang bersebelahan dengan Sungai Kalimas. Jadi, sembari menghabiskan waktu di taman, kalian bisa juga menikmati sungai tersebut. Seringkali, beberapa pendayung yang tengah berlatih juga melewati sungai tersebut, yang tentu bisa jadi hiburan tersendiri. Track-nya juga sangat panjang, mengelilingi taman, dan beberapa dari track tersebut langsung berada di sisi taman yang berbatasan dengan sungai. Jadi, sekalian jogging, bisa menikmati sungai asyik juga kan?

5. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (Pixabay)

Ingin mengajak anak-anak ke tempat wisata Surabaya yang edukatif? Kamu sekeluarga bisa mampir ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Selain berkesempatan mengenalkan satwa-satwa langka ke anak-anak, kalian pun dapat melarikan diri sejenak dari gerahnya udara Surabaya di siang hari. Apalagi, kegiatan yang bisa dilakukan di sini cukup beragam. Terutama di musim liburan saat KBS sedang menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Bonus

6. Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya (InfoBudayaIndonesia)

Monumen ini merupakan kapal selam asli milik TNI Angkatan Laut, tipe Whiskey Class buatan Uni Soviet tahun 1952. Memiliki nama KRI Pasoepati dengan nomor lambung 410, kapal selam dengan panjang 76,6 meter, lebar 6,30 itu bisa dimasuki wisatawan. Kapal ini ternyata resmi dimiliki Indonesia pada 29 Januari 1962, setelah didatangkan langsung dari Vladivostok, Uni Soviet.

Itulah daftar tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur yang letaknya berdekatan dengan gereja yang menjadi lokasi bom bunuh diri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
346Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers