5 Pantai Ini Jadi Lokasi Melihat Hilal, Nomor 3 Sering DIkunjungi Presiden Soekarno

0

Beepdo.com, Jakarta – Kementerian Agama akan menyelenggarakan Rukyatul Hilal atau memantau hilal sebagai penanda awal bulan Ramadhan. Menariknya, dari 95 titik pantau, ada beberapa lokasi merupakan kawasan pantai.

Pantai-pantai ini tak hanya punya pemandangan menarik untuk dikunjungi, tapi juga punya catatan sejarah. Salah satu pantai di Bangka Belitung misalnya, merupakan lokasi favorit Presiden Soekarno.

Berikut ulasanya:

1. Pantai Penagan, Bangka Belitung

Pantai Penagan (KemenagBabel)

Selain melihat hilal, di kawasan wisata pantai Penagan ini juga kamu dapat menikmati hutan mangrove yang rindang. Hutan Mangrove di pantai Tanjung Raya yang berjarak 60 km dari Kota Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,

2. Pantai Tanjung Pandam, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Pandam (GamaHoliday)

Selain menikmati suasana pantai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, pengunjung juga dapat menikmati suasana taman hiburan yang ada di sekitar pantai. Duduk-duduk sambil bersantai di sekitar pantai menjadi hal mengasyikkan di pantai yang sering digunakan untuk menggelar acara-acara kesenian khas Belitung ini.

3. Pantai Tanjung Kalian Muntok, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Kalian Muntok (MediaTempatWisata)

Pantai Tanjung Kalian berpasir putih dan tidak memiliki batu-batu granit raksasa seperti kebanyakan pantai di Bangka Belitung. Terdapat banyak Pohon Ketapang di pantai. Pantai ini juga menjadi saksi sejarah karena menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi Bapak Pendiri Bangsa, Ir. Soekarno, saat dibuang di masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Pantai Lampu Satu, Marauke

Pantai Lampu Satu Marauke (BackpackerJakarta)

Nama yang unik ini terinspirasi dari adanya sebuah mercusuar di sisi pantai ini yang memiliki sebuah lampu sebagai alat penerangnya. Pantai Lampu Satu memiliki bentangan pantainya yang landai dengan garis pantainya yang relatif panjang dan dipagari pepohonan kelapa. Pasir di Pantai Lampu Satu boleh jadi tak seputih mutiara dan fasilitas bagi wisatawan masih tergolong minim. Namun demikian, hal itu tak lantas mengurangi daya tarik pantai ini.

5. Pantai Pagatan, Kalimantan

Pantai Pagatan (KSMTour)

Pantai Pagatan, adalah salah satu pantai yang ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Pagatan, Tanah Bumbu. Pantai ini dikenal masyarakat terutama karena festival Pesta Pantai atau Pesta Laut yang dikenal dengan Mappanretasi diselenggarakan di tempat ini setiap tahun di bulan April.

Bonus

6. Pantai Nyamplong Kobong, Jember

Pantai Nyamplong Kobong (AgnizStory)

Pantai Nyamplung Kobong ini terletak di Dusun Jeni Desa Gumukmas, Jember. Jika kita berada di sini, maka akan terlihat Pulau Nusa Barong persis di depan mata, seolah jaraknya sangat dekat. Pantai dengan view sunset terbaik di Jember ini patut anda kunjungi. Biasanya, di lokasi pantai ini diadakan pelepasan penyu.

Itulah pantai yang menjadi lokasi Rukyatul Hilal. Yuk, berkunjung ke sana sambil menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, kapan dimulainya berpuasa pada tahun ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers