Sebaiknya Berbuka Dengan Air Dingin Atau Hangat?

0

Beepdo.com, Jakarta – Berbicara soal buka puasa, Anda tentu punya dua pilihan, minuman hangat atau dingin. Banyak yang memilih minuman dingin, tapi tak sedikit pula yang memilih minuman hangat.

Lalu, di antara keduanya manakah yang paling baik untuk dikonsumsi saat berbuka?

Teh serai (DokterSehat)

Health and Nutrition Educator Nutrifood, Moch. Aldis Rusdialdi mengatakan bahwa baik dingin maupun hangat sah-sah saja dikonsumsi saat berbuka puasa, asalkan tidak dengan kadar gula yang berlebihan atau terlalu asam. Hanya saja, kata Aldis, perbedaan antara kedua minuman ini adalah, minuman hangat diklaim lebih baik untuk lambung ketimbang air dingin. Dengan konsumsi air hangat, sejumlah manfaat juga bakal kamu dapatkan. Seperti, melancarkan aliran darah, dan melancarkan pencernaan karena air hangat yang kamu dapat mengencerkan minyak, sehingga tidak menggumpal dan menjadi lemak. Usus pun bakal lebih mudah mencerna makanan yang kamu makan. Sementara itu, air dingin justru menggumpalkan minyak dan menjadikannya lemak membandel. Itu sebabnya berat badan kamu makin nambah selama puasa.

Salah satu manfaat puasa adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Proses detoksifikasi itu bakal sangat terbantu dengan meminum air hangat. Soalnya, suhu tubuh bakal naik dan membuat kita berkeringat. Nah, dari keringat itulah racun-racun di tubuh kita bakal keluar dengan sendirinya. Biar lebih ampuh, tambahin aja perasan jeruk lemon di air hangat yang kamu minum.

Karena racun-racun lancar dikeluarkan dari tubuh, kamu juga terhindar dari risiko penuaan dini. Terus, air hangat juga bantu memperbaiki sel-sel kulit biar lebih elastis. Lama-lama, kulit bakalan makin halus dan lembut kaya di tipi-tipi.

Es teh (RaosSari)

Penting! Minum minuman air hangat atau dingin memang soal pilihan selera. Namun, kamu juga wajib mempertimbangan demi kesehatannmu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers