Negara Ini hanya Punya Waktu Berbuka Puasa Hanya 2 Jam

0

Beepdo.com, Jakarta – Pemeluk agama Islam di Indonesia bisa dibilang beruntung, karena setiap harinya mereka bisa menjalani ibadah puasa “hanya” selama hampir 13 jam. Sementara itu, Muslim di belahan dunia lain harus menjalani puasa dengan waktu yang lebih lama, dikarenakan matahari terbit lebih panjang.

Di beberapa negara Eropa misalnya, mereka harus menahan haus dan lapar hingga 22 jam. Seperti dilansir media Jerman, dw.de, berikut negara dengan waktu terlama berpuasa:

1. Islandia – 22 Jam

Islandia (Enciety)

Umat muslim di Islandia harus menuntaskan makan sahur pada pukul 2 pagi dan baru bisa berbuka pada tengah malam pukul 00. Itu artinya, mereka hanya punya waktu berbuka puasa selama 2 jam. Kini, Islandia menjadi rumah bagi sekitar 1.200 Muslim. Sebanyak 300 di antaranya merupakan penduduk asli Islandia. Sedangkan, sisanya kebanyakan imigran atau warga asing yang jadi mualaf.

2. Swedia – 20 jam

Swedia (IDNTimes)

Muslim di Swedia termasuk yang paling tangguh di dunia. Ketika bulan Ramadan jatuh pada musim panas, maka mereka harus berpuasa selama lebih dari 20 jam. Saat ini kaum muslim Swedia berjumlah sekitar 500.000 orang, atau sekitar 5 persen dari total populasi. Masyarakat setempat tergolong toleran terhadap kaum muslim di sana. Swedia tercatat memiliki 16 masjid yang tersebar di kota-kota besar.

3. Alaska – 19,45 Jam

Alaska (ExclusiveWebjet)

Terdapat sekitar 3000 kaum muslim di negara bagian Alaska, AS. Kebanyakan bermukim di Anchorage. Sejatinya muslim Alaska harus berpuasa sekitar 19 jam jika mengikuti waktu lokal. Tapi sebagian berpuasa dengan berkiblat pada waktu Arab Saudi, yang berarti berbuka pada pukul tujuh malam.

4. Jerman – 19 Jam

Jerman (Galedu)

Muslim Jerman yang berjumlah jutaan dan sebagian besar berasal dari Turki dan Afrika utara tahun ini akan berpuasa selama 19 Jam, dari pukul setengah empat pagi hingga jam sepuluh malam. Tradisi penganan sahur dan berbuka di sini serupa dengan di Timur Tengah. Serupa dengan di negara lain, umat muslim di Jerman melaksanakan ibadah Sholat Tarawih pascaberbuka.

5. Inggris – 18,55 Jam

Inggris (FactaNews)

Di Negeri Ratu Elizabeth ini, ada tantangan tersendiri ketika berpuasa di sana. Terutama ketika bulan Ramadan jatuh pada musim panas karena durasi dari terbit dan terbenamnya matahari sangat lama, sekitar 18 jam lebih. Non-muslim di sini sudah cukup mengerti jika mereka shalat di tempat umum, bahkan para mahasiwa Indonesia yang belajar di Inggris pernah shalat berjamaah di taman kampus untuk memperkenalkan bagaimana umat Islam beribadah.

Itulah 5 negara dengan durasi waktu puasa paling lama di dunia. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers