Sahur Sebelum Tidur, Boleh Kah?

0

Beepdo.com, Jakarta – Waktu istirahat yang semakin sempit membuat Anda akhirnya merasa penting untuk punya jam istirahat yang panjang. Untuk mendapatkan jam tidur panjang, alhasil banyak dari kita yang memilih sahur di jam sebelum tidur, atau bisa dikatakan sebelum jam 00. Kebiasaan ini dianggap cukup tepat meminimalisir keterlambatan sahur karena bangun kesiangan.

Tapi, bagaimana hukum melakukan kebiasaan ini?

Sahur (Republika)

Menurut beberapa referensi, dalam Kitab Ibrahim al Bajuri jilid 2 halaman 293, disebutkan di sana bahwa tidak akan mendapatkan sunah sahur ketika Anda melakukannya di jam bukan sahur, yaitu pertengahan malam hingga mendekati waktu Subuh. Sementara itu, bicara mengenai sahur di jam bukan waktu sahur, dari sisi kesehatan memang tidak ada masalah berarti. Hanya saja, ada risiko kecil yang mungkin dapat menimpa Anda.

Sahur sebelum tidur atau sebelum jam 00, risiko lapar terlalu panjang juga cukup berisiko pada kondisi lambung Anda. Kosongnya perut dalam waktu panjang akan membuat komplikasi berlebih pada tubuh.

Idealnya, waktu sahur yang tepat adalah antara separuh malam (jam 23 malam) hingga terbitnya fajar. Namun, tidak berdosa juga orang yang tidak sengaja melewatkan sahur di jam yang disunahkan. Ini dipengaruhi dari pelafalan niat yang Anda ucapkan sebelum tidur atau setelah solat tarawih.

Karena itu, ada baiknya memang sahur di jam yang benar dan jangan lupa untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Semakin Anda disiplin akan masalah ini, maka kesehatan Anda selama berpuasa bisa tetap terjaga dengan baik. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang mensunnahkan untuk mengakhirkan waktu sahur.

Sahur bersama keluarga (Necturajuice)

Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Umatku selalu di dalam kebaikan selama mereka bersegera berbuka puasa dan mengakhiri makan sahur-nya.” (HR. Ahmad)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
346Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers