5 Ide Minuman Hangat Untuk Berbuka Puasa

0

Beeepdo.com, Jakarta – Sejumlah ahli kesehatan mengatakan, minuman hangat maupun dingin sah-sah saja dikonsumsi saat berbuka puasa, asalkan tidak dengan kadar gula yang berlebihan atau terlalu asam. Hanya saja, perbedaan antara kedua minuman ini adalah, minuman hangat diklaim lebih baik untuk lambung ketimbang air dingin.

Karena itu, menikmati minuman hangat untuk berbuka puasa lebih direkomendasikan karena mudah diterima tubuh. Kondisi perut yang kosong saat berbuka, akan langsung teratasi ketika kita mengonsumi jenis minuman yang satu ini.

Berikut ini macam-macam minuman hangat yang patung anda coba :

1. Wedang Kunyit

Wedang Kunyit (Khasiat)

Wedang kunyit sebenarnya merupakan ramuan tradisional untuk mengatasi sakit maag. Cara pembuatannya yaitu dengan memarut kunyit secukupnya, lalu diseduh memakai air panas dan disaring untuk memisahkan ampasnya. Terakhir, tambahkan gula merah atau gula batu.

2. Wedang Secang

Wedang Secang (LiputanBantul)

Wedang secang termasuk minuman yang kaya akan rempah-rempah. Selain kayu secang yang menjadi bahan utama, sajian wedang ini juga ditambahi dengan daun serai, cengkeh, jeruk nipis, kayu manis, gula batu, jahe dan kapulaga. Karena itu, rasanya pun sangat unik dan agak pedas.

3. Wedang Kacang

Wedang kacang (Dotsemarang)

Jenis kacang yang digunakan dalam wedang ini adalah kacang tanah yang telah dibuang kulit arinya, kemudian direbus. Sebagai pelengkapnya, digunakan topping berupa ketan putih. Terakhir, bahan-bahan ini akan diberikan kuah dari campuran jahe, pandan, gula, garam, dan air santan.

4. Wedang Asle

Wedang Asle (Delicionary)

Bagi anda warga Solo, tentu sudah akrab dengan wedang asle. Bahan-bahan wedang ini yaitu roti tawar dan ketan putih yang disiram dengan air santan manis. Kekhasan dari wedang asle adalah adanya potongan agar-agar sebagai topping minuman.

5. Wedang Tahu

Wedang Tahu (WaroengSemawis)

Wedang tahu merupakan minuman khas Semarang yang mendapat sentuhan budaya China. Tahu yang digunakan di sini bukanlah tahu yang biasa diolah menjadi makanan, melainkan adalah kembang tahu atau tahu sutera. Kembang tahu ini lantas diberi siraman kuah panas yang terbuat dari kayu manis, jahe, cengkeh, gula merah, garam, dan daun jeruk.

Bonus

Wedang Pekak

Wedang Pekak (Cookpad)

Minuman hangat lainnya yang kami rekomendasikan adalah wedang pekak. Disebut demikian, karena bahan dasar dari wedang ini adalah buah dan daun pekak. Agar citarasanya lebih mantap, lantas ditambahkan bahan berupa kayu manis, serai, gula putih, jahe, merica, cengkeh, dan daun pandan.

Itulah 5 minuman hangat yang direkomendasikan saat berbuka puasa. Semoga lancar ya guys, puasa kalian.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers