Kowloon, Masjid Berusia Ratusan Tahun Yang Pernah Hancur Karena Pembangunan MRT

0

Beepdo.com, Jakarta – Setidaknya ada beberapa hal yang menarik dari Masjid Kowloon di Hongkong ini yang membuat kamu ingin segera menunaikan sholat di sana. Di antaranya, di lantai dua masjid terdapat kotak amal yang khusus disiapkan agar para jamaah dapat menyumbangkan peci.

Lalu di deretan shaf belakang disediakan kursi khusus untuk penyandang cacat yang tak mampu berdiri sempurna untuk mempermudah mereka melaksanakan sholat. Tak ada A/C atau kipas angin di masjid ini. Dinding masjid di penuhi dengan lubang angin dari dinding yang di design begitu indah dari granit yang yang di ukir tembus, memberikan keleluasaan bagi sirkulasi udara keluar dan masuk masjid.

Masjid Kowloon (Okezone)

Tahu kah kamu? Masjid Kowloon yang berdiri sekarang sebenarnya bangunan yang baru dibangun pada tahun 1984. Masjid yang sebelumnya dibangun pada tahun 1896 mengalami kerusakan saat Hong Kong membangun jalur MRT. Dengan dana kompensasi dari perusahaan yang membangun MRT serta donasi dari umat muslim, masjid Kowloon dibangun kembali di lokasinya yang sekarang.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid modern ini juga digunakan sebagai pusat belajar agama Islam. Terletak di sudut Nathan road dan Haiphong road, di sebelah taman Kowloon berdiri masjid terbesar di Hong Kong, masjid Kowloon, yang mampu menampung hingga 3.500 jamaah. Lantai bawah digunakan sebagai tempat sholat pria sementara lantai atas untuk perempuan. Lantai bawah masjid bisa menampung jamaah hingga 1.000 orang.

Masjid Kowloon (Wikimedia)

Masjid Kowloon sering dipakai beribadah umat muslim dan pelancong dari Asia Selatan hingga Indonesia. Bangunan ini memainkan peran yang berarti bagi komunitas muslim non-chinese di Hong Kong. Para jamaahnya sebagian besar juga tinggal di lingkungan dekat masjid, seperti di Chungking Mansions, tempat di mana etnis minoritas tinggal di Hong Kong.

Masjid Kowloon memiliki gaya arsitektur campuran gaya tradisional Islam dengan modern. Masjid berwarna putih ini memiliki 4 menara di setiap sisinya. Selain dari bangunannya yang berbentuk persegi, yakni warna merah dan kubah yang berada di atas masjid membuat masjid ini terlihat dinamis.

Interior masjid Kowloon (Dream)

Di ruangan yang didominasi warna dasar dari granit putih itu, ada terdapat dua lampu kristal yang cahayanya mampu menyilaukan mata. Dua lampu kristal dengan bentuk sarang tawon ini menggantung sejajar di tengah-tengah ruangan masjid. Sehingga lampu gantung merupakan aksesori satu-satunya yang terdapat pada ruang utama.

Masjid Kowloon (MiddleEastCollective)

Di lantai pertama ini, memang tak ada hiasan dinding. Hiasan menggunakan lempengan metal hanya terdapat di lantai kedua. Meski fungsinya sebagai fasilitas umum, Masjid Kowloon tidak menyediakan lahan parkir bagi jamaah yang hendak membawa kendaraan roda dua atau empat. Jadi kalau kamu mau ke Masjid Kowloon, kamu bisa menggunakan sarana transportasi umum yang cukup murah dan mudah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers