Selain Kopi Jos, Ini 5 Trend Kuliner Berbahan Arang

0

Beepdo.com, Jakarta – Di beberapa negara di Afrika, sebagian besar masyarakatnya menggunakan arang sebagai alat memasak setiap hari. Di jaman yang lebih jauh lagi, arang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor dan untuk menyetrika baju.

Namun, kini tren makanan yang lagi hits, para kreator makanan mengkreasikan arang menjadi bahan dasar makanan bertema gotik. Salah satunya, adalah kopi jos dari Yogyakarta yang sangat terkenal di kalangan para pelancong.

Tetapi sehatkah mengonsumsi arang? Menurut beberapa ahli kesehatan, arang aktif akan mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh. Nah, penasaran kan makanan apa aja yang menggunakan bahan dasar arang. Simak ulasan di bawah ini:

1. Roti tawar takesumi shokupan

Roti tawar takesumi shokupan (Bukalapak)

Takesumi merupakan bahasa Jepang yang berarti arang bambu, sedangkan shokupan berarti roti tawar. Jadi, takesumi shokupan berarti roti tawar arang bambu. Bahan utama untuk membuat si hitam ini adalah tepung terigu yang dicampur dengan arang bambu. Jadi, jangan heran kalau warnanya hitam pekat. Selain tepung dan arang, bahan-bahan lain seperti gula, mentega, dan telur juga digunakan untuk membuat roti ini.

2. Pempek kapal selam hitam

Pempek kapal selam hitam (Kompas)

Berbeda pempek dengan warna putih yang biasanya kamu makan. Warna hitamnya didapatkan dari campuran charcoal ke dalam adonannya. Berani makan?

3. Bakpia

Bakpia (Inirecipes)

Siapa yang tak kenal oleh-oleh primadona kota Jogja ini? Bakpia. Menggunakan arang bambu, sang kreator mengkreasikan bakpia menjadi tampilan baru dan gotik. Kalau Inspirator ingin mencoba berkreasi juga, bisa cek resepnya disini.

4. Mie yamin arang

Mie yamin arang (Rona)

Meski tampilannya gotik dan tak biasa, mie yamin dari Bandung ini menjadi salah menu andalan dan paling di cari.

5. Es krim Black Almond Charcoal

Es krim Black Almond Charcoal (Today)

Lupakan es krim dengan warna-warna cerah yang memikat mata dan rasa. Es krim yang satu ini hadir dan menggebrak warna-warna es krim selama ini itu-itu saja. Tapi tenang, meski bertema gotik, es krim kreasi dari toko Little Damage, Los Angeles ini jauh dari kesan seram dan menawarkan cita rasa yang almond yang gurih.

Gimana? Sudah punya ide untuk membuat makanan lain berbahan dasar arang? Jangan lupa share resepnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers