Asyiknya Wisata Religi di Bali, Bisa Buat Tempat Ngabuburit Nih!

0

Beepdo.com, Jakarta – Meski mayoritas penduduknya beragama Hindu, bukan berarti Bali tidak layak untuk menjadi tujuan wisata religi untuk ummat Islam. Terdapat banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di sini. Mulai dari masjid, perkampungan ummat Islam hingga pusat kuliner halal.

Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Puja Mandala

Masjid Ibnu Batutah di kawasan Puja Mandala (Dream)

Tempat yang satu ini sangat indah karena meggambarkan kerukunan dan perdamaian. Tempat ibadat umat Muslim, Katolik, Kristen, Hindhu dan Budha berjejer rapi berdampingan di komplek yang satu ini. Berdiri Masjid Ibnu Batutah yang mewakili agama Islam. Oh iya, di komplek ini juga ada pusat pendidikan dan perpustakaan Al-Quran terbesar di Bali loh! Penasaran kan? Yuk mampir ke Jl. Kuru Setra, Desa Bualu, Nusa Dua.

2. Desa Candi Kuning Bedugul

Masjid Al Hidayah di Desa Candi Kuning Bedugul (BaliMarissaTour)

Desa yang menawarkan panorama cantik dengan gunung, danau, air terjun hingga kebun raya. Suasana yang asri dan ramah membuat kamu betah berlama-lama disini. Kamu bisa berbincang dan melihat keseharian Komunitas Muslim Kuno di Desa Candi Kuning ini.

3. Pura Mekah

Pura Mekkah (Kemenag)

Mendengar nama Mekah, Anda pasti teringat Makkah yang ada di Arab Saudi ya? Mekah yang satu ini adalah sebuah pura di Bali yang dipergunakan oleh pemeluk agama Islam untuk ibadah. Di depan pura, Anda bisa melihat dua ekor naga berada di sisi kanan dan kiri pura. Bentuknya tinggi menjulang, bernama Ratu Gede Dalem Mekah dan ada Pura Dalem Mekah Kukuh. Ingin tahu seperti apa? Lihat saja langsung wujud akulturasi budaya masyarakat Bali dengan kepercayaan Islam tersebut. Cek aja langsung ke Desa Kubutambahan, Buleleng.

4. Menikmati Makanan Khas Bali yang Enak dan Halal

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (BaliPunyaCerita)

Bali terkenal dengan beberapa menu andalan seperti nasi bali dengan ayam dan bumbu khas, sate lilit, sayur urap, telur dan makin lengkap dengan sambal matah. Menu tadi dijamin halal dan kamu bisa menikmatinya di beberapa lokasi yang sudah terkenal. Antara lain, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (Ubud), Warung Nasi ayam Bu Oki (Uluwatu, Jimbaran). Atau kamu suka seafood? Cobain menu ikan di Warung Mak Beng (Sanur). Hmm… Jadi laper!

5. Makam Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat (Keramat Pantai Seseh)

Makam Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat (AchmadSuchaimi)

Makam ini lebih mirip pura. Karena ini memang terletak di Bali yang mayoritas penduduknya menganut Hindu. Namun, makam itu bukan tempat bersemayam jenazah tokoh Hindu, melainkan peristirahatan Pangeran Mas Sepuh, salah satu penyiar Islam di Pulau Dewata itu. Pangeran Mas Sepuh merupakan salah satu dari tujuh wali yang menyebarkan agama Islam di Bali. Tokoh yang bernama asli Pangeran Mangkuningrat ini berasal dari Blambangan, daerah di Jawa Timur yang sekarang disebut dengan nama Banyuwangi. Sang ibu beragama Islam berasal dari Blambangan, sedangkan ayahandanya adalah seorang raja dari Kerajaan Mengwi di Bali yang masih beragama Hindu. Semasa kecil, tokoh yang terkenal dengan nama Keramat Pantai Seseh ini banyak diasuh oleh ibunya di Blambangan. Konon, salah satu karomah yang diberikan Allah kepada Pangeran Mas Sepuh ialah kemampuan berjalan di atas permukaan air. Namun, keistimewaan ini memicu kecemburuan di antara putra-putra Raja Mengwi.

Bonus:

Menjalin Persaudaraan di Desa Pegayaman

Desa Pegayaman (YayasanSosialMaulanaPegayaman)

Banyak aktifitas dan tradisi menarik umat muslim di Desa Pegayaman, Sukasada, Buleleng. Komunitas tersebut dikenal dengan nama Nyama Selam, yang artinya orang-orang Islam yang menjalankan tradisi Bali. Selain berkeliling Desa, kamu juga bisa beribadat di Masjid Jami Safinatussalam, masjid tertua di desa ini, sekaligus bermain bersama anak-anak di Panti Asuhan sekitar desa. Berlibur sambil beramal seru juga kan?

Itulah beberapa lokasi wisata religi di Bali yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pulau Dewata.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers