Tempat Ngabuburit Murah Meriah di Jogja. Nomor 2 Namanya Bikin Merinding!

0

Beepdo.com, Jakarta – Sambil menunggu waktu buka puasa, paling pas kalau berburu makanan khas Ramadhan atau kumpul dan santai di tempat ngabuburit di Jogja terfavorit. Anda juga bisa mendapatkan jajanan-jajanan khas yang hanya ada ketika bulan puasa saja di sini, seperti kolak, bubur sumsum, es kelapa muda, hingga buah kurma. Harganya, dijamin murmer alias murah meriah.

Dimana lagi kalau bukan di tempat ngabuburit di Jogja langganan masyarakat, baik yang menunaikan ibadah puasa maupun yang sekedar ingin ikut euforianya saja. Simak ulasannya di bawah ini ya:

1. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja (KotaJogja)

Meski tidak banyak panganan khas Ramadhan dijajakan di sini, namun masih tersedia beberapa minuman hangat, seperti teh, jeruk, dan kopi, yang siap menemani buka puasa anda. Akan sangat menyenangkan jika anda berbuka puasa sambil menikmati pemandangan kelap-kelip Kota Jogja dari atas bukit, bukan? Nah, kalau anda ingin sholat, segera turun ke daerah Piyungan, ya. Di sana, terdapat beberapa masjid yang bisa anda kunjungi.

2. Pasar Sore Ramadhan Jalur Gaza

Pasar Sore Ramadhan Jalur Gaza (Hipwee)

Jangan merinding baca judulnya. Nama “jalur gaza” adalah singkatan dari “jajanan lauk-sayur gubuk ashar zerba ada.” Bukannya ngeri tapi terdengar lucu, ya. Pasar sore ini letaknya dekat dengan Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Nitikan, Yogyakarta. Di sini, terdapat banyak sekali gubug yang berisi pilihan menu buka puasa yang sudah pasti bikin buka puasa anda jadi menyenangkan.

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi (TraveloskyHoliday)

Jika dilihat-lihat maka tempat ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Mungkin dengan semangat yang sama maka dibukalah tempat ini menjadi obyek wisata. Dari puncak tebingnya, kita dapat melihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan kemegahan Gunung Merapi bahkan kota Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mencapai puncak tebing tidak perlu khawatir repot, dikarenakan suda dibentuk anak tangga di sisi tebing menuju ke atas. Anak tangga di sisi tebing ini juga cantic untuk obyek berfoto.

4. Kampung Ramadhan Masjid Gede Kauman

Kampung Ramadhan Masjid Gede Kauman (JalanJogja)

Kampung Ramadhan ini sudah lama ada di Jogja, tepatnya sejak tahun 1973. Letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Kalau anda datang dari arah 0 kilometer Jogja, anda hanya perlu berjalan kaki 10 menit saja ke arah barat hingga melewati Kantor Pos Pusat. Di Jl. K.H. Ahmad Dahlan ini, anda akan melihat gang ke arah selatan di seberang RS PKU Muhammadiyah yang meski kecil, namun padat dengan aneka takjil yang dijajakan selama Ramadhan. Masjid ini merupakan “kado” khusus sang raja untuk kaum dhuafa. Di wilayah ini pula, peradaban Islam dikembangkan hingga saat ini. Wajar kalau suasana keislaman terasa kental setiap bulan puasa tiba. Setiap harinya, takmir masjid bisa membagikan takjil gratis hingga 600-700 porsi, lho. Yang lebih seru lagi, setiap hari Kamis, takmir masjid akan membagikan menu berupa gulai kambing. Wah, jadi makin semangat berpuasa, ya!

5. Lembah UGM

Lembah UGM (LiputanUKM)

Jalanan lembah yang nyaman untuk pejalan kaki dan citranya yang sudah terkenal sebagai pusat jajanan, menjadi satu peluang tersendiri untuk menjadikannya sebagai pasar sore Ramadan. Sembari menunggu berbuka puasa, kamu bisa berjalan-jalan sekitaran Lembah UGM yang rindang lho! Mau olahraga juga bisa lhoo.

Semoga kamu nggak bingung lagi ya ke mana harus menghabiskan waktu sore menunggu buka puasa atau ngabuburit di Jogja. Selain itu, kamu bisa sesuaikan juga dengan kebutuhanmu dan keinginan jenis jajanannya lho.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers