5 Fakta Tentang Bandara Kertajati

0

Beepdo.com, Jakarta – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal dengan Bandara Kertajati, di Majalengka‎, akan resmi beroperasi setelah dilakukan pendaratan perdana atau historical landing, Kamis (24/5). Historical landing akan dilakukan oleh dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Batik Air dengan membawa penumpang VVIP dan VIP.

Lalu apa saja fakta menarik di balik bandara Kertajati ini. Beepdo.com mencoba memberikan sedikitnya 5 fakta menarik tersebut, seperti ulasan di bawah ini:

1. Layani mudik Lebaran 2018

Bandara Kertajati siap layani mudik Lebaran 2018 (RRI)

Rencananya, Bandara Kertajati ini akan beroperasi perdana dengan melayani angkutan mudik Lebaran 2018. “Dan nantinya pada minggu ketiga bulan Mei kita bisa soft opening. Upayakan saat penyelenggaraan mudik Lebaran sudah grand opening,” ucap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi belum lama ini.

Budi Karya ingin akan ada penerbangan ke lima kota melalui Bandara Kertajati. Kota itu antara lain Medan, Surabaya, Bali, Makassar, dan salah satu kota di Kalimantan antara Balikpapan dan Samarinda. Dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 46 juta orang, potensi Bandara Kertajati sangatlah besar. Selama ini, warga Jawa Barat selalu menggunakan Bandara Husen Satranegara jika ingin menggunakan transportasi udara. Dengan kapasitas 5,6 juta penumpang per tahun, Bandara Kertajati diharapkan bisa menjadi alternatif baru bagi warga Jabar.

2. Telan Biaya Rp3,5 triliun

Bandara Kertajati telan biaya Rp3,5 triliun (GoodNewsFrom Indonesia)

Total dana yang dihabiskan untuk pengembangan Bandara Kertajati mencapai Rp3,5 triliun dengan rincian pembangunan sisi udara sebesar Rp825 miliar, dan sisi darat sebesar Rp2,7 triliun, termasuk pembebasan lahannya.

3. Bandara terbesar di Indonesia

Bandara Kertajati (Infonawacita.com)

Luas lahan BIJB tercatat sebesar 1.800 hektare dan memiliki landasan pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan kapasitas ini mampu melayani penumpang 5,6 juta untuk tahap pertama. Saat ini, pembangunan tower ATC, runway, taxiway, apron jalan GSE dan semua sarana di sisi udara telah selesai 100 persen. Terdiri dari runway 2.500 m x 60 m, paralel taxiway 2.750 m x 25 m, cross taxiway 1180 m x 25m, serta apron 576 m x 151 m yang mampu menampung 4 jet wide body sekelas Boeing B777 atau Airbus A330 dan 6 jet narrow body sekelas B737 NG atau A320.

4. Embarkasi Haji dan Umroh

Bandara Kertajati dilengkapi fasilitas eksklusif untuk jamaah Haji dan Umroh (GoodNewsFrom Indonesia)

Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberangkatkan calon jemaah haji melalui Bandara Kertajati. Untuk membuat jemaah lebih nyaman, bandara ini dilengkapi dengan ruang tunggu haji dan umrah eksklusif seluas 1.300 meter persegi serta 12 ruang salat. Fasilitas lainnya, Bandara Kertajati juga dilengkapi untuk manasik haji dan umrah termasuk di dalamnya terdapat miniatur Ka’bah.

5. Terhubung dengan tol dan kereta api

Bandara Kertajati terhubung dengan jalan tol dan kereta api (GoodNewsFrom Indonesia)

Saat ini tengah dibangun jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Dengan adanya tol ini maka Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan terintegrasi dengan BIJB. Tol ini diharapkan akan rampung pada akhir 2018. Selain jalan tol, Bandara Kertajati juga dilengkapi moda transportasi dengan jalur kereta bandara untuk mempersingkat waktu penumpang dari Jakarta maupun Bandung.

Bonus

Hanya 2 jam dari stasiun Gambir

Hanya 2 jam dari stasiun Gambir ke Bandara Kertajati

Dengan keberadaan Bandara Kertajati dan kereta bandara, maka efektivitas transportasi masyarakat akan terpenuhi. “Nantinya kereta yang akan membawa penumpang dari Stasiun Gambir menuju Bandara Kertajati dalam waktu kurang dari dua jam. Kereta akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso.

Itulah sejumlah fakta menarik tentang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, di Majalengka. Sudah siap mudik melalui bandara ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers