Masjid Unik di Dunia, Nomor 3 dan 4 Terbuat Dari Lumpur

0

Beepdo.com, Jakarta – Banyak masjid dibangun dengan berbagai gaya dan arsitektur menarik untuk membuat nyaman jamaah. Masjid-masjid ini biasanya mempunyai ciri khas masing-masing. Tapi hanya sedikit yang unik.

Berbicara tentang masjid yang unik, berikut deretan masjid yang di desain serba unik dan indah di dunia, checkt this out!

1. Masjid Xi’an

Xi’an – Great Mosque

Pada tahun 1988, pemerintah setempat meresmikan masjid ini sebagai salah satu bangunan bersejarah di China. Masjid terbesar dan tertua di kota Chang’an atau lebih dikenal dengan kota Xi’an di China ini memiliki bentuk bangunan lebih mirip kuil dari pada masjid. Masjid pertama ini didirikan pada abad ke-8 masehi oleh Laksamana Cheng Ho ini menjadi salah satu saksi sejarah tertua dalam perkembangan Islam di negeri barongsai ini. Masjid ini memiliki lima halaman dan pagoda serta hiasan figurative bertuliskan kaligrafi Arab dan China, semua halaman mengarah ke ruang doa yang terdapat di ujung barat masjid, setiap halaman ada monumen pavilion atau gerbang. Gerbang mengarah ke tembok yang sangat lebar dengan dekorasi ukiran tanah liat dan tumpukan genting mengkilap. Dua sisi nya dihiasi perabot antik yang sangat berharga buatan jaman Dinasti Ming dan Qing.

2. Masjid Jamiul Alfar

Masjid Jamiul Alfar (Time2travelpix)

Masjid Jamiul Alfar memiliki desain unik dan warna dominan merah putih merupakan masjid bersejarah di Kolombo, Sri Langka. Masjid ini menjadi tempat wisata populer di kota Kolombo. Dibangun pada 1908 hingga 1909 oleh komunitas Muslim Pettah untuk melakukan ibadah salat wajib lima waktu dan salat jumat. Pengaruh arsitektur India cukup terlihat pada masjid ini. Sentuhan masjid dinasti Mughal dan bangunan-bangunan kastil Inggris cukup tampak pada masjid tersebut. Balutan warna merah dan putihnya khas menjadikan masjid ini begitu istimewa.

3. Masjid Larabanga

Masjid Larabanga (Wikipedia)

Masjid Larabanga adalah salah satu masjid eksotis khas Afrika yang terbuat dari lumpur khas benua Afrika yang masih ada sampai sekarang. Masjid tertua yang bersejarah dan berarsitektur Sudan kuno ini terdapat di kampung Larabanga, Republik Ghana, Benua Afrika. Ciri khas arsitekturnya berukuran segiempat dan tak terlalu besar, mirip seperti surau di Indonesia dengan ukuran 8×8 meter. Dilengkapi dengan pilar-pilar yang menopang atapnya, ditambah lagi dengan pilar yang menjulang ke atas.

4. Masjid Agung Djenne

Masjid Agung Djenne (Diplomaticcourier)

Masjid unik yang masih berdiri megah ini terdapat di sebuah kota kecil di pusat Mali, Afrika Barat. Majid megah ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai satu tahun kemudian. Masjid ini telah menjadi warisan arsitektur dunia yang diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu situs sejarah dunia pada tahun 1988 karena keunikannya yang terbuat dari lumpur dan setiap tahun penduduk Mali mengadakan festival dan melapisinya dengan banyak plester.

5. Masjid An Nurumi, Yogyakarta

Masjid An Nurumi, Yogyakarta (KSMTour)

Masjid An Nurumi menjadi salah satu masjid terunik yang memiliki desain kubah mirip Gedung Kremlin. Terletak di Jalan Solo Km15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sepintas dari kejauhan, terlihat jelas kubah berwarna-warni dengan gaya arsitektur Rusia. Kubah masjid memiliki warna-warna yang menarik, dengan warna kuning, biru, hijau dan merah, maka tak aneh bila masjid ini disebut dengan masjid permen. Letaknya di pinggir jalan memudahkan musafir yang ingin mencari tempat untuk salat, kemudian melanjutkan perjalanan.

Bonus

Masjid Shanke Yadem, masjid unik yang berlantaikan tanah

Masjid Shanke Yadem (NiasBangkit)

Di Turki ada masjid yang berlantaikan langit dan beralas bumi, diberi nama Shanke Yadem yang artinya “anggap saja saya sudah makan”. Masjid yang dibangun dari keteguhan hati si pendiri, Khairuddin Afandi, beliau bukanlah orang yang kaya, rela tidak makan demi membangun sebuah masjid. Masjid yang hanya ada pagar yang mengitarinya dan dua menara di kanan kirinya.

Ada yang ingin sholat taraweh di masjid-masjid unik di dunia ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers