Ini Tanggal Yang Disarankan Untuk Mudik

0

Beepdo.com, Jakarta – Lebaran Idul Fitri 2018 tinggal menghitung hari. Sejumlah masyarakat pun bersiap mudik ke kampung halaman. Baik menggunakan kendaraan umum, maupun pribadi. Namun, tanggal berapa sih waktu mudik yang tepat itu?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pemudik menyiasati waktu keberangkatan agar tak mengalami kendala kepadatan lalu lintas. Ia menyarankan agar keberangkatan ke kampung halaman tak dilakukan serentak saat puncak arus mudik pada tanggal 8, 9, 12 dan 13 Juni 2018.

“Kalau bisa tanggal 10-11 Juni itu lebih longgar,” kata Budi Karya dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Terminal Pulo Gebang (YouTube)

Dia juga menyarankan agar pemudik menggunakan jalur non tol. Ia menjamin seluruh jalur arteri yang dipersiapkan mampu memberikan kenyamanan lalu lintas usai rampungnya perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Jalan Tol Jakarta-Surabaya bukanlah segalanya, ada Pantura. Kami sudah cek touring dengan sepeda, baik sekali,” ujarnya.

Lalau lintas mudik Lebaran 2018 diharapkan berjalan lancar. Kalau perlu tingkat kecelakaan lebih diminimalisir lagi. Karena itu, Budi meminta pengawasan kendaraan diperketat agar angka kecelakaan turun. “Catatan kecelakaan tahun lalu turun 30 persen, imbauan kami pemudik tidak menggunakan motor dan ramp chek menjadi penting,” katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberikan tips mudik. Menurutnya, ada dua item utama yang harus diperhatikan, yakni kendaraan dan pengemudi. Untuk kendaraan, ia meminta sebelum keberangkatan harus dicek terlebih dahulu agar kondisinya tetap prima hingga tujuan.

Sedangkan untuk pemudik yang ingin mengendarai kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, sebaiknya menyiapkan pengemudi cadangan. Sebelum mudik, pengemudi juga dianjurkan terlebih dahulu mengecek kesehatannya untuk memastikan kondisi tubuhnya prima, “Kalau untuk pengemudi sebenarnya paling baik kalau ada yang ganti untuk jarak jauh,” ujarnya di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers