Ramadhan Usai, Yuk Bikin Rujak Donggala Yang Pedas Dan Segar

0

Beepdo, Jakarta – Bulan Ramadhan telah berlalu, saatnya santap siang dengan rujak donggala yang enaknya kebangetan. Apalagi, saat musim panas seperti ini menikmati semangkuk rujak atau asinan pasti dapat menghilangkan rasa panas yang menyergap.

Selain ada bengkuang, pepaya mengkal, sawi asin, kol dan taoge juga ikut serta di dalamnya. Asinan donggala yang berasal dari Cirebon ini terdiri dari perpaduan antara buah dan sayuran. Sehingga kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan anda.

Bahan:

100 gram pepaya mangkal, iris tipis
200 gram bengkuang, kupas, iris tipis
200 gram taoge mentah, siap pakai, iris tipis
200 gram sawi asin siap pakai, iris tipis
200 gram kol, iris tipis
200 gram ubi merah, kupas, iris tipis
Bumbu yang dihaluskan:
250 gram kacang tanah goreng
500 gram gula merah
200 gram cabai rawit
1.000 ml air panas
2 sdm garam
5 sdm cuka
100 gram gula pasir

Rujak Donggala (Kompas)

Cara membuat:

1. Kuah asinan: 1.000 ml air panas, campur dengan garam, cuka, dan gula pasir. Aduk hingga rata, bagi menjadi 5 bagian, tempatkan ke dalam toples kecil.

2. Pada masing-masing bagian kuah, masukkan pepaya iris, bengkuang iris, taoge, kol, sawi asin, dan ubi merah, diamkan selama 4 jam.

3. Gula merah dimasak dengan 100 ml air, buat gulali.

4. Rebus cabai rawit merah, lalu giling halus untuk sambal.

5. Hidangkan asinan donggola dengan susunan : pepaya, bengkuang, ubi merah, kol, taoge, beri kuah asinan, sedikit lalu siram atasnya dengan gulali, beri sambal rawit dan taburi kacang goreng.

Bila anda sudah berhasil menbuat rujak donggala, anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Cirebon agar dapat makan asinan yang satu ini. Anda dapat mencoba membuat asinan donggala ini ketika anda sedang bersantai di rumah dan asinan buatan anda dapat anda sajikan untuk keluarga tercinta. Selamat mancoba !

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers