5 Wisata Andalan di Maluku Utara, Nomor 2 Jadi Inspirasi Nama Artis

0

Beepdo.com, Jakarta – Bentang alam Maluku Utara terkenal akan keindahannya, terutama soal wisata bahari. Maluku Utara resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 4 Oktober 1999 dan terdiri dari hampir 400 pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak.

Di awal pendiriannya Provinsi Maluku Utara ini beribukota di Ternate selama 11 tahun. Pemindahan ibu kota Provinsi Maluku Utara dari Ternate ke Sofifi ini resmi ditetapkan pada 4 Agustus 2010. Pemindahan secara resmi dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lantas apa saja yang layak kamu kunjungi saat berkunjung ke Maluku Utara? SImak ulasannya di bawah ini:

1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha (PegiPegi)

Pantai ini adalah salah satu pantai yang terkenal dengan putihnya pasir dan kejernihan airnya. Pantai ini menawarkan pemandangan keindahan bawah laut yang bisa dinikmati dengan mata telanjang. Pantai yang terletak di sekitar 15 km dari Kota Ternate. Tepatnya di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate ini memiliki sebuah teluk yang airnya juga jernih dan berhadapan dengan Pulau Hiri yang Indah. Pantai Sulamadaha cocok sekali untuk kamu yang hobi menyelam dan snorkeling.

2. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama (Republika)

Anda pasti tidak asing dengan nama Dorce Gamalama. Dalam perjalanan kariernya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Ia pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer, hingga akhirnya ia mantap menggunakan nama Dorce Gamalama. Menurutnya ia mendapat inspirasi untuk nama Gamalama dari suatu perjalanan untuk menyanyi di Ternate bersama Benyamin Suaeb, di mana ia melihat gunung Gamalama. Penggunaan nama tersebut diberlakukan sejak tahun 1984 dengan pengesahan oleh Sultan Muda Farsyah dari Ternate serta Myrna Fantastic Dolls. Gunung Gamalama sendiri dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit dari pusat kota Ternate. Banyak keindahan alam yang bisa didapat saat kita berkunjung kesana. Dari puncak gunung, kamu bisa melihat hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lereng, hutan yang hijau dan luas serta keindahan pulau Ternate, pulau Halmahera, pulau Tidore dan hamparan biru laut.

3. Museum Kedaton Sultan Bacan

Museum Kedaton Sultan Bacan (202)

Bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah museum ini merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan keluarga tercinta. Letak museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang menyerupai seekor singa duduk dengan dua kaki depannya menghadap ke laut. Banyak sekali koleksi yang dimiliki Museum Kedaton Sultan Ternate ini seperti koleksi benda geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numistik, filologi, teknologi, seni rupa, dan keramik. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara adat serta Al-Qur’an tulisan tangan. Ada satu keunikan dari mahkota peninggalan Kesultanan Ternate yang memiliki rambut yang bisa tumbuh seperti halnya rambut manusia. Untuk memotongnya, biasanya diadakan upacara ritual Istampa pada hari raya Idul Adha dan mahkota tersebut diperkirakan sudah berumur 500 tahun sejak Sultan Ternate yang pertama.

4. Teluk Jailolo

Teluk Jailolo (BeritaBisnisWisata)

Teluk Jailolo yang bergelar Mutiara di Maluku Utara tersebut berada di antara Pulau Ternate dan Pulau Halmahera atau tepatnya di Halmahera Barat. Suatu tempat diving yang patut untuk anda kunjungi, kamu akan menemukan bermacam hewan laut seperti hiu, kura-kura, gurita ikan hias, kerapi, dan masih banyak llainnya yang belum sempat kami sebutkan. Di Teluk Jailolo ini, kamu juga bisa melihat beragam jenis terumbu karang dan sejenis kerang-kerangan, ternyata sebagian dari mereka terdapat kerang langka. Selain keindahan bawah laut, keindahan daratannya tersaji pemandangan Gunung Gamalama yang terlihat cantik. Oh iya, setiap bulan Mei atau Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo yang di hadiri 100 penyelam lokal maupun luar negeri.

5. Danau Laguna

Danau Laguna (Kanal247)

Danau yang begitu mempesona eloknya ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara. Danau Laguna juga sering di sebut Danau Ngade, yang disebabkan berada di Desa Ngade dan berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Ternate. Danau tersebut menawarkan keindahan alam yang masih alami dan mempesona bagi mereka yang berkunjung. Kamu akan dimanjakan dengan bentangan paronama danau yang disekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis. Selain untuk wisata, Danau Laguna juga dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan berjenis air tawar dan sebagai pengairan perkebunan. Dan tak ketinggalan sebagai obyek wisata pemancingan maupun berenang bagi kamu yang menginginkannya.

Bonus

Pulau Morotai

Pulau Morotai (KSMTour)

Pulau ini terbilang unik karena permukaan pulaunya yang cukup rata. Pulau Morotai memiliki sejarah yang cukup panjang, ketika dijadikan markas perang Jepang saat perang dunia kedua. Tidak heran jika pulau ini menyimpan banyak harta karun karena banyak tenggelamnya kapal-kapal di sekitar pulau ini. Selain sejarah yang menjadi ciri khas pantai ini. Pulau Morotai juga memilki keindahan alam yang cantik, yang juga difavoritkan di kawasannya.

Mendaki gunung, wisata pantai atau sejarah, kamu harus datang ke Maluku Utara.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers