6 Kuliner Unik Boyolali

0
Beepdo.com – Beberapa waktu lalu, sebuah pernyataan dari calon presiden 2019, Prabowo Subianto, yang menyebut “Tampang Boyolali” mendadak viral.
Kabupaten Boyolali, merupakan sebuah wilayah yang berlokasi di Jawa Tengah. Meski tidak setenar Kota Semarang, namun kabupaten Boyolali memiliki kuliner yang unik dan khas. Gak percaya? Berikut kami sajikan untuk anda para pembaca setia Beepdo.com.
1. Nasi Tumpang
Nasi Tumpang (beingnubie.wordpress.com)
Di kabupaten yang berjarak 25 km sebelah barat Kota Surakarta ini, para penikmat kuliner dapat menikmati nasi tumpang. Namun jangan salah, banyak yang tidak mengetahui jika nasi tumpang tidaklah sama dengan nasi pecel. Perbedaannya terletak pada sambal lethom yang terbuat dari tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, dan cabai. Rasa dan aroma dari tempe busuk itulah yang menjadikan makanan ini sangat spesial.
Para pecinta makanan ini dapat menemukan makanan ini di Jalan Tentara Pelajar. Mengenai harga, nasi tumpang sangat murah dan terjangkau dikantong para penikmatnya.
2. Soto Seger
Soto Seger (Kompasiana.com/Wahyu Sapta)
Sesuai dengan namanya, soto asli Boyolali ini terasa menyegarkan. Keunggulan dari soto seger ini terdapat pada kuah beningnya. Dalam semangkuk porsi soto seger ini berisi daging sapi atau daging ayam, toge, bawang merah goreng, dan kentang.
Di Boyolali, terdapat soto seger legendaris bernama Soto Mbok Giyem yang dapat ditemukan oleh para pecinta kuliner di jalan Pandanaran nomor 293, Banaran.
3. Jenang Pecel
Jenang Pecel (kabarkuliner.com)
Jenang pecel adalah modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Namun pecel tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang dimaksud disinj sebenarnya adalah bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras). Untuk komponen pecelnya tidak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya.
Para penjual jenang pecel dapat ditemukan di jalan Garuda dan dapat dinikmati di sore hari.

 

4. Tahu Susu
Tahu Susu (Kaskus.co.id/Yoga.Han)
Boyolali terkenal dengan sebutan kota susu. Bagi masyarakat di kota ini tahu susu bukanlah kuliner asing. Bahan pokok yang digunakannya adalah susu pertama sapi yang baru saja melahirkan, lalu dicampur dengan bumbu tradisional seperti bawang putih, ketumbar dan garam. Kemudian bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi.
Sangatlah mudah menemukan makanan ini, apalagi banyak pabrik susu tahu disekitar Jalan Pandanaran. Selain tahu susu, ada pula dodol susu, keripik susu dan masih banyak lagi yang lainnya.
5. Abon Lele
Abon Lele (abonleleasliboyolali.blogspot.com)
Selain sebagai penghasil susu, kabupaten inipun terkenal dengan olahan lelenya. Para pembaca dapat menemukan olahan lele dikawasan kampung Kecamatan Sawit. Tempat tersebut menawarkan aneka olahan lele seperti keripik dan abon.
Sama seperti abon umum lainnya, abon lele terasa lezat dan dapat dinikmati dengan sepiring nasi yang hangat.
6. Marning
Marning (Instagram/adsnacksolo)
Marning merupakan makanan dengan bahan dasar jagung yang telah mengalami serangkaian proses pengolahan. Rangkaian proses pembuatan marning, dimulai dari persiapan jagung pipil, pengapuran, perendaman, perebusan, sampai dengan penggorengan. Setiap tahapan proses harus “pas” dan benar supaya diperoleh hasil yang memuaskan. Tak perlu bersusah payah harus ke pasar-pasar untuk memperoleh marning Boyolali. Hampir setiap ruas jalan disini berdiri toko oleh-oleh yang menjual penganan murah meriah ini.
Nah begitulah enam kuliner di Boyolali yang tidak boleh dilupakan. Jika berkunjung kesana jangan lupa untuk mencicipinya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers