Ingin Napak Tilas Sejarah di Jakarta, Berikut Tempat Yang Wajib di Kunjungi

0
Beepdo.comHari pahlawan tepat jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Bagi anda yang ingin mencoba napak tilas sejarah mungkin wajib untuk mengunjungi museum-museum yang ada di Jakarta.
Berikut museum-museum yang Beepdo.com rangkum dan dapat anda kunjungi untuk napak tilas sejarah perjuangan para pahlawan.
1. Gedung Joang 45
Gedung Joang 45 (Media Indonesia/Ramdan
Untuk anda yang ingin napak tilas proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, dapat mengunjungi museum joang 45. Museum tersebut memamerkan miniatur perjuangan Indonesia hingga mobil dinas Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.
Gedung Joang 45 berada di jalan Menteng Raya no 31, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
2. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 

Museum Naskah Proklamasi (Instagram/bayufitri)
Museum ini merupakan rumah peninggalan tentara Jepang, Laksamana Maeda, yang memiliki jabatan Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dan Angkatan Darat Jepang.
Dirumah ini Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebarjo merumuskan naskah proklamasi disaksikan oleh Sukarno, Sayuti Melik dan B.M Diah.
Museum ini berlokasi di jalan Imam Bonjol No 1, Menteng, Jakarta Pusat.
3. Tugu Proklamasi
Tugu Proklamasi (Instagram/Triandasurbakti)
Zaman sebelum kemerdekaan, area ini merupakan bekas lokasi rumah Presiden Soekarno, dan ditempat inilah naskah proklamasi dibacakan oleh Soekarno-Hatta.
Dilokasi tersebut, terdapat sebuah taman yang didalamnya berdiri kokoh tiga monumen serta tugu tentang Kemerdekaan Republik Indonesia.
Para wisatawan dapat berkunjung, belajar, serta menikmati taman tersebut yang berlokasi di Jalan Proklamasi, Pengangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.
4. Museum Sumpah Pemuda

 

Museum Sumpah Pemuda (Instagram/hangoutfamed)
Gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat ini dahulu bernama Gedung Kramat dan telah dilakukan pemugaran pada tahun 1973 sehingga berganti nama menjadi Museum Sumpah Pemuda.
Digedung ini diselenggarakannya kongres pemuda kedua pada tahun 1928. Setelah terwujudnya kongres pemuda kedua, akhirnya digedung ini pula dihasilkan keputusan sumpah pemuda yang dipimpin oleh Soegondo Djojopuspito, ketua PPPI.
5. Museum Sejarah Fatahillah

 

Museum Fatahillah (gpsmycity.com)
Museum Fatahillah atau yang dulu dikenal Museum Batavia, terdapat banyak jejak sejarah Jakarta dari masa prasejarah hingga berdirinya Kota Jayakarta pada tahub 1527.
Di museum yang terletak di Kawasan Kota Tua Jakarta ini terdapat berbagai koleksi seperti Prasasti Ciaruteun, Meriam Jagur, mebel-mebel antik dari abad ke 17 hingga 19 yang merupakan perpaduan gaya Eropa, Tiongkok, dan Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers