Tengah Hamil, Hindari Makanan Ini

0

Bagi setiap pasangan, kehamilan merupakan kabar bahagia. Di masa kehamilan, penjagaan kepada ibu atau istri yang mengandung sangat diperketat. Hal itu bertujuan agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Oleh karenanya, dibutuhkan asupan makanan yang baik dan sehat. Namun tak banyak yang tahu jika ada makanan yang harus di hindari oleh ibu hamil, apa saja ya?

Daging atau Ikan yang Belum Matang

Sashimi (Tripadvisor/Simon S)

Bagi wanita hamil tidak disarankan untuk memakan makanan yang belum matang, seperti sushi, sashimi, dan lainnya. Makanan yang belum matang menyimpan beberapa macam bakteri didalamnya. Demi kesehatan bayi, sebaiknya jangan memakan makanan ini.

Mengurangi Konsumsi Kopi

Kopi (rural-space.co.uk)

Di masa kehamilan sebenarnya diperbolehkan untuk meminum kopi asal tidak berlebihan. Takaran 200 miligram kafein per sehari masih dianggap aman, ini setara dengan dua cangkir kopi. Sedikit dari takaran itu lebih baik, untuk mencegah terjadinya keguguran.

Tidak Diperbolehkan Meminum Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol (pxhere.com)

Bagi anda yang sebelum kehamilan gemar meminum alkohol, saat hamil cobalah untuk puasa dari alkohol. Para ahli menganjurkan wanita hamil tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol, untuk mencegah sindrom pada janin. Sindrom tersebut dapat menyebabkan keterbelakangan mental dan beberapa kelainan.

Hindari Ikan Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Ikan Bermerkuri Tinggi (prodgid)

Saat kehamilan dianjurkan untuk menghindari makan ikan yang mengandung merkuri tinggi. Bahan kimia yang terdapat dalam tubuh ikan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Ikan-ikan yang mengandung merkuri antara lain seperti hiu, ikan todak, ikan makerel, dan albacore tuna kalengan.

Jangan Meminum Minuman Bersoda dan Manis

Minuman Bersoda (Kaicho20/pixabay)

Jangan meminum minuman yang terlalu manis dengan gula yang berlebihan. Tak hanya itu, hindari pula minuman bersoda. Keduanya memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan tidak baik bagi perkembangan janinmu.

Ibu hamil memang harus esktra hati-hati memilih makanan. Semuanya demi kesehatan dan perkembangan si janin. Nah, kalau kamu juga sedang hamil, cobalah lebih perhatikan asupan gizimu ya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers