Mengungkap Makna Excelsior, Kata-kata yang Selalu Diucapkan Stan Lee

0

Terlepas dari keberadaan tokoh-tokoh luar biasa yang dia ciptakan, Stan Lee memang sosok yang unik. Ide-idenya selalu luar biasa dan semua tentangnya selalu menjadi trend yang ditiru semua orang. Dari sekian banyak keunikan dalam dirinya, pria ini identik dengan kata-kata Excelsior!

Jangan coba-coba menerjemahkannya lewat Google Translate. Kalian takkan menemukannya karena kata-kata itu memang diciptakannya sendiri. Ungkapan itulah yang bahkan tertulis di postingan terakhirnya sesaat setelah dinyatakan meninggal (tentu saja bukan diposting oleh Stan Lee sendiri).

Istilah Excelsior sendiri mulai diperkenalkan sang legenda sekitar tahun 1960an, tak lama setelah Atlas Comic berubah nama menjadi Marvel. Saat itu Stan Lee memang berperan menuliskan kolom bulanan untuk setiap komik terbitan Marvel. Pada setiap akhir tulisan, dia selalu menuliskan kata Excelsior.

Stan Lee sendiri memang tidak menciptakan kata-kata ini begitu saja. Dia mengadopsi dari bahasa Latin yng artinya kurang lebih adalah upaya untuk mencapai hal yang lebih tinggi. Excelsior sendiri adalah hasil dari eksperimen selama bertahun-tahun untuk menemukan sesuatu yang identik dengan Stan Lee dan tak bisa ditiru orang lain.

“Aku menggunakan banyak ungkapan berbeda dalam berbagai tulisanku, misalnya Hang Loose, Face Front, ‘Nuff Said. Kemudian aku menyadari bahwa para pesaing mulai meniruku. Mereka juga menggunakan kata-kata itu. Makanya, aku ingin untuk menggunakan kata yang mereka tidak tahu artinya maupun cara pengucapannya. Dari situlah excelsior muncul. Syukurlah mereka tidak lagi menirunya,” ungkapnya dalam sebuah wawancara pada tahun 2007.

Pada akhirnya, kata-kata yang selalu dituliskan dan diucapkan oleh Stan Lee itu semakin mendarah daging dalam dirinya. Orang-orang mulai mengenalinya sebagai identitas sang pembuat komik. Bahkan saat kematiannya, beberapa tokoh ternama bahkan menuliskannya di ucapan duka, sebagai penghormatan untuk sang legenda.

Kondisi kesehatannya sebelum meninggal memang cukup mengkhawatirkan hingga harus keluar masuk rumah sakit. Pada akhirnya, Stan Lee meninggal dunia pada Selasa (13/11/2018) setelah berjuang melawan pneumonia. Dia meninggal dunia setahun setelah ditinggal sang istri, Joan, yang meninggal pada tahun 2017 silam.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers