Air Terjun Sedudo Bisa Membuat Awet Muda, Mitos atau Fakta?

0

Beepdo.com – AirterjunSedudo sudah cukup populer diantara air terjun yang ada di seluru Provinsi Jawa Timur. Selain suguhan bentangan alam yang sangat eksotis, air terjun ini memiliki daya tarik dari kisah mitos yang menyelimutinya. Sehingga tempat wisata ini seolah tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berbagai cerita mistis selalu terlontar ketika seseorang membicarakan air terjun bernama Sedudo ini. Berbagai fakta dan mitos air terjun yang terletak di Nganjuk ini hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat lokal.

Debit air terjun Sedudo sangat besar (Instagram/expplore_nganjuk_waterfalls)

Salah satu kepercayaan yang jadi rahasia umum adalah siapa saja yang mandi di sana bisa awet muda, panjang umur dan dimudahkan ekonominya. Kepercayaan ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dan tidak jarang banyak wisatawan yang mempercayainya.

Konon kabarnya air terjun ini telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air atau tirta suci yang mengalir dari kahyangan. Para raja, bangsawan, dan pendeta dari Majapahit kerap memanfaatkan air terjun tersebut untuk upacara ritual.

Mandi dibawah guyuran air terjun (Instagram/rikasharsha)

Lokasi wisata ini tiap harinya cukup ramai didatangi oleh wisatawan baik wisatawan dari wilayah sekitar Nganjuk atau dari luar wilayah Jawa Timur. Puncak keramaian wisatawan biasanya terjadi pada bulan Sura (bulan dalam kalender Jawa).

Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut. Setiap Tahun Baru Jawa 1 Sura, berbagai ritual dilaksanakan di air terjun ini.

Berfoto di bawah air terjun Sedudo (Instagram/indoflashlight)

Air terjun Sedudo juga dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca ataupun ritual memandikan senjata pustaka, seperti keris. Upacara tersebut dikenal dengan nama upacara Parna Prahista.

Nantinya sisa air tersebut dipercikkan kepada keluarga untuk mendapat keberkahan, keselamatan, dan awet muda. Tradisi ini pun masih berlanjut hingga sekarang dan rutin digelar oleh Pemkab Nganjuk dengan nama ritual Mandi Sedudo.

Tertarik untuk menjajal mistisnya AirterjunSedudo?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers