Claudia Kim dan Isu Rasisme dalam Penggarapan Fantastic Beast 2

0

Fantastic Beast 2: The Crimes of Grindelwald akhirnya hadir di bioskop kesayangan dan menghadirkan kisah prekuel Harry Potter yang telah lama ditunggu. Namun di balik antuasiasme para penggemar, nyatanya ada beberapa kontroversi yang muncul selama penggarapan hingga penanyangannya. Salah satunya adalah karena kehadiran sosok Claudia Kim.

Bintang asal Korea ini memang didapuk memerankan tokoh Nagini, ular peliharaan Lord Voldemort yang kemudian juga diuah menjadi salah horcrux (pecahan jiwa). Jika dalam kisah Harry Potter Nagini hanya dikenal sebagai ular ganas, pada akhirnya dalam film ini terungkap bahwa dia adalah seorang manusia.

Banyak orang berpendapat bahwa menjadikan pemain berdarah Asia sebagai pemeran ular peliharaan Pangeran Kegelapan adalah hal yang rasis. Sementara Fantastic Beast dipenuhi oleh bintang-bintang ternama, mereka mempertanyakan kenapa mereka harus menggunakan bintang Asia untuk peran seekor ular yang menjadi budak.

Image rasis terus melekat pada film ini. Hingga pada akhirnya, isu itu kembali mencuat saat premier Fantastic Beast di Inggris. Pasalnya, akun Twitter resmi film ini salah memasang foto Claudia Kim, sehingga yang terpampang justru foto aktris Jepang Mirei Kitani.

“Kalian menganggap dua orang adalah sama cuma karena mereka wanita-wanita Asia. INI ADALAH RASISME. Kalian ini akun resmi di Inggris. Kalian nggak seharusnya melakukan kesalahan ini. Berikan respek kepada mereka berdua,” tulis salah satu akun Twitter.

Karena protes bermunculan tak terbendung, admin akun Twitter @BeastsMovieUK akhirnya mengunggah postingan baru dengan foto yang benar.  Selain Claudia Kim, tweet itu juga memuat foto artis lain termasuk Jude Law, Johnny Depp, dan Ezra Miller.

Namun terlepas dari berbagai kontroversi tentang keberadaan Claudia Kim dalam Fantastic Beast 2: The Crimes of Grindelwald, nyatanya sang aktris justru merasa antusias dengan karakter yang dibawakannya. Pasalnya, dia berhasil membawa nama negaranya, Korea Selatan, ke jajaran Hollywood.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers