Menu Sarapan Pagi: Pancake Sederhana ala Rumahan

0

Beepdo.com – Menu sarapan pagi kali ini kita akan membuat pancake cokelat sederhana. Saat ini, hampir disetiap negara, resep pancake cokelat ini digemari oleh banyak orang.

Salah satu yang menjadikan resep kue pancake coklat ini begitu disukai banyak orang adalah kemudahannya untuk dikombinasikan dengan berbagai toping kesukaan kita, seperti cream keju, parutan keju, butiran coklat, lelehan coklat hitam, tiramisu ataupun potongan buah kecil dengan es krim.

Pancake cokelat (cookpad.com)

Bahan utama pancake cokelat sederhana:

  1. Seperti kue lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Jangan lupa tepung harus diayak terlebih dahulu supaya adonannya nanti lembut dan empuk hasil jadinya.
  2. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 30 gram saja. Panaskan dan lelehkan margarin sampai cair sebelum digunakan.
  3. Baking powder kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir saya. Kocok lepas di tempat lain sebelum dicampur dengan bahan adonan lainnya.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  6. Susu cair kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  7. Gula bubuk atau halus putih kurang lebih sebanyak 1.5 sendok makan saja.
Pancake cokelat (Instagram/galerykpop)

Bahan saus cokelat pancake sederhana:

  1. Cokelat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  2. Cokelat masak batangan atau yang padat kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  3. Tepung maizena supaya sausnya lebih kental kurang lebih sebanyak 1/2 sendok makan. Larutkan dengan air bersih sebanyak 1/2 sendok kecil lalu aduk aduk sampai tercampur dan larut.
  4. Susu cair kurang lebih sebanyak 150 ml saja.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  6. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 35 gram sampai 50 gram saja.

Cara memhuat pancake cokelat:

  1. Langkah pertama kita buat adonan pancakenya dulu.
  2. Ambil satu wadah dan masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, baking powder, gula halus dan masukkan garam dapurnya lalu kocok dan mixer semua bahan tersebut sampai rata lalu sisihkan.
  3. Ambil satu wadah kecil lalu masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  4. Masukkan campuran telur diatas ke dalam wadah adonan pertama sedikit demi sedikit sampai habis sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.
  5. Masukkan margarin cairnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk juga sampai habis dan semua bahan tercampur rata.
  6. Ambil wajan kecil anti lengket atau cetakan khusus pancake dan panaskan dengan api kecil sedang saja. Bisa diolesi dengan margarin sedikit saja atau tidak juga boleh.
  7. Setelah panas, ambil adonan satu sendok atau secukupnya dan tuang diatas penggorengan atau cetakan pancakenya.
  8. Setelah agak matang balik adonan dan angkat setelah matang dan berwarna agak kecoklatan. Ulangi sampai semua adonan habis.
  9. Langkah kedua kita membuat saus pancake cokelatnya
  10. Ambil panci kecil dan masukkan susu cair, garam dapur beryodium, gula pasir dan coklat bubuknya. Masak sambil diaduk aduk sampai mendidih.
  11. Tuang tepung maizena yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk kembali sampai mendidih atau meletup meletup kemudian matikan kompornya.
  12. Segera masukkan coklat pekatnya kemudian aduk aduk lagi sampai tercampur rata dan cokelatnya tercampur dengan bahan saus pancake yang lain.

Setelah semua langkah cara membuat pancake coklat diatas selesai, teman teman tinggal mengambil piring hidangan dan susun pancake yang sudah matang dan tuang saus cokelat diatasnya.

Itulah menu sarapan pagi kali ini, silahkan dicoba ya!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers