Hobi Mendaki, Coba Kamu Taklukkan 5 Gunung di Sulawesi Selatan Ini

0

Beepdo.com – Bagi kamu yang gemar mendaki gunung adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Dengan mendaki, kamu akan memperoleh banyak pengalaman yang tak terlupakan. Butuh persiapan fisik yang kuat, karena mendaki merupakan kegiatan yang menuntut kamu untuk berkutat di alam liar.

Indonesia memiliki banyak sekali gunung-gunung yang dapat di daki. Salah satunya di wilayah Indonesia bagian timur, yaitu Sulawesi Selatan. Ada beberapa gunung yang sering dijadikan tujuan oleh para pendaki, berikut ini nama gunung tersebut.

1. Gunung Kambuno

Gunung Kambuno (latimojong.wordpress.com)

Gunung yang ketinggiannya mencapai 2950 mdpl ini sering kali dijadikan sebagai tujuan para pendaki. Untuk sampai di kaki Gunung Kambuno kamu perlu menempuh jarak 5 km dari kota Makassar menuju daerah Pongo dan menelusuri jalan sepanjang 25 km menuju Dusun Mangkaluku. Setelah sampai di Dusun Mangkaluku, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak dari gunung ini. Di sepanjang perjalanan kamu akan bertemu dengan hewan endemik Sulawesi yaitu Anoa pegunungan yang memiliki nama latin Bubalus quarlesi.

Terdapat banyak sumber mata air dari aliran anak sungai yang ada di sekitar area Gunung Kambuno. Jadi, gak perlu khawatir akan kehabisan bekal air kalau kamu berniat untuk mendaki gunung ini. Untuk jalur pendakian Gunung Kambuno ini terbilang cukup berat. Pasalnya, sepanjang jalan didominasi dengan jalur yang curam dan melandai. Belum lagi jalur longsoran dengan medan yang sulit harus kamu lewati.

2. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng (Instagram/ilham_shalutraidrus)

Untuk mendaki Gunung Bawakaraeng ini kamu perlu menempuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari kota Makassar menggunakan transportasi umum. Gunung yang berlokasi di kampung Lembanna, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini berada di kawasan wisata Hutan Malino, sehingga akan mudah sekali ditemukan.

Kamu akan melewati 10 pos pendakian untuk sampai ke puncak. Selama pendakian menuju pos 1, kamu akan disuguhkan oleh jajaran pohon pinus. Medan yang paling terberat selama menempuh perjalanan adalah ketika melewati pos 7 menuju ke pos 8, dikarenakan terdapat area yang longsor sehingga jalur dakian menjadi sangat licin. Butuh waktu 2,5 jam dari pos 8 untuk sampai ke puncak Gunung Bawakaraeng ini.

3. Gunung Sesean

Gunung Sesean (Instagram/yasinbinsabeni)

Gunung Sesean merupakan gunung yang ada di Tana Toraja, tepatnya di Desa Sesean, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara. Dari kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara kamu bisa menggunakan transportasi roda dua dengan waktu tempuh sekitar 2 jam menuju kaki Gunung Sesean ini. Selanjutnya kamu harus mendaki selama 3,5 jam – 4 jam untuk mencapai puncak.

Gunung yang ketinggiannya mencapai 2.100 di atas permukaan air laut ini memiliki jalur dengan medan bebatuan bercampur tanah sehingga masih terbilang mudah untuk dilewati para pendaki. Area di sekitaran gunung sangat mendukung sekali, sehingga cocok untuk dijadikan tempat berkemah sambil melihat cantiknya taburan bintang-bintang yang menghiasi langit Toraja di malam hari. Pagi harinya kamu bisa menikmati indahnya panorama perbukitan yang hijau membentang dari atas Gunung Sesean.

4. Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung (Instagram/peak_id)

Gunung Bulusaraung ini merupakan gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki yang bertandang ke Sulawesi Selatan. Tidak sulit untuk menjangkau gunung dengan ketinggian 1.353 mdpl ini karena letaknya yang dekat dengan kota Makassar. Sama seperti Gunung Bawakaraeng, Gunung Bulusaraung juga memiliki 10 pos pendakian.

Jarak antara pos satu ke pos lainnya sekitar 30 menit perjalanan. Jalur pendakiannya pun gampang-gampang susah, karena lintasannya yang sangat menanjak sehingga terasa berat saat melewatinya. Jika sudah merasa lelah kamu bisa mendirikan tenda di pos 9 yang memang diperuntukkan untuk berkemah. Ketika sudah sampai di atas puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup memukau.

5. Gunung Kandora

Gunung Kandora (Instagram/arnoldbatarapalayukan)

Gunung Kandora merupakan gunung yang sebagian besar wilayahnya berupa bebatuan kapur. Berbeda dengan gunung-gunung yang lain, di Gunung Kandora ini tidak terdapat sumber mata air jadi kamu harus membawa bekal air minum yang banyak jika berniat untuk mendaki gunung ini. Ada pula villa yang disediakan oleh pemerintah setempat, jika ingin bermalam di kaki gunung kamu bisa menginap di villa tersebut.

Lintasan yang harus dilewati untuk sampai ke puncak berupa tepian tebing yang lumayan curam, karena jika sedikit saja melakukan kesalahan akan membahayakan para pendaki. Maka dari itu harus teliti dan berhati-hati. Nah, buat kamu yang ingin memacu adrenalin bisa coba untuk mendaki gunung yang terletak di Kabupaten Tana Toraja ini.

Bagaimana apakah berminat mendaki gunung di Sulawesi Selatan tersebut?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers