Dikabarkan Bebas Dua Bulan Lagi, Permohonan PK Saipul Jamil Ditolak Mahkamah Agung

0

Beepdo.com – Pedangdut Saipul Jamil dikabarkan akan bebas dua bulan lagi. Kabar tersebut beredar lantaran pihak keluarga mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada hari ini, Senin (21/1). Kedatangan mereka adalah meninjau kembali isi putusan masa tahanan Saiful yang terseret kasus asusila dan penyuapan sejak kurang lebih tiga tahun lalu.

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menetapkan masa hukuman Saipul Jamil selama tiga tahun. Namun Jaksa Penuntut Umum meminta banding dan diputus hukuman lima tahun penjara ditingkat Pengadilan Tinggi.

“Karena terkait masalah putusan di Jakarta Utara sendiri kan 3 tahun, kemudian jaksa tidak terima dan banding sehingga putusannya menjadi 5 tahun,” ungkap Deddy Junaedi, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (21/1).

Pihak pengacara Saipul Jamil serta keluarga rencananya akan menuntaskan hal tersebut ke Mahkamah Agung. Apabila berjalan sesuai keinginan, maka Saiful dapat bebas dalam waktu 2 hingga 3 bulan ke depan.

“Kita sudah menjalani 2 per tiga hukuman, berarti empat tahun. Kurang lebih 2 tahun sudah dijalani dapat remisi 10 bulan,” tutur Dedi. “Jadi mungkin 2 bulan ke depan persiapan kita untuk Saiful Jamil bisa bersama kita di luar. Bisa menghirup udara segar sama-sama dengan kita,” ucap Deddy.

Saipul Jamil Ikhlas Divonis 3 Tahun Penjara

Terkait kabar bebasnya Saipul Jamil tersebut, awak media mencoba mengklarifikasi ke Mahkamah Agung. Berdasarkan keterangan yang didapat dari Kepala Biro Humas Mahkamah Agung, Abdullah, Mahkamah Agung menolak Peninjauan Kembali berkas yang diajukan oleh Saipul Jamil.

“Kalau kita perhatikan putusan atas nama Saipul Jamil, mengajukan PK. Yang diajukan PK adalah putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Permohonan PK no 202 atau akta-tipid 2017 no454 pidsus 2016 PN Jakut jo no 211 pid 2016 PT DKI yang dibuat panitera PN Jakut menerangkan bahwa Tanggal 15 maret 2017 agar putusan Pengadilan Tinggi Jakarta dapat di tinjau kembali. Jadi yang di PK putusan PT DKI Jakarta,” ungkap Abdullah, saat ditemui di Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

“Kemudian, setelah MA mengadili, amarnya
“Menolak PK pemohon terpidana Saipul Jamil. Menetapkan putusan yang dimohonkan tetap berlaku’,” sambung Abdullah.

Hingga kini, pihak Saipul Jamil belum mendapatkan salinan putusan ditolaknya PK dari Pengadilan Tinggi Jakarta. Meski belum mendapat salinan outusan, namun ketetapan tersebut sudah inkrah.

“Ya tidak pengaruh. Tolak itu permohonan PK nya ditolak. Sehingga putusan PT aktif kembali. Putusan yg berlaku putusan PT ya,” pungkas Abdullah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers