Supermoon 2019, BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Air Pasang

0

Beepdo.com, Jakarta Fenomena alam langka Supermoon dinikmati oleh masyarakat Indonesia pada Senin (21/1) malam. Supermoon atau Bulan Purnama tersebut bisa dilihat dari mulai matahari terbenam hingga sebelum fajar menyingsing. Kamu berhasil mengabadikan fenomena Supermoon yang berbarengan dengan Bulan Purnama tersebut?

Namun ternyata ada dampak yang akan dirasakan ketika Supermoon. Lewat akun media sosial resminya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan supermoon dapat menyebabkan kondisi pasang air laut diperairan Indonesia.

“Adanya fenomena Supermoon disertai dengan Bulan Purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia,” tulis BMKG di akun Instagram @infobmkg, Jumat (18/1). Lebih jauh BMKG menjelaskan pasang air laut tersebut dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat pesisir.

Daerah yang akan terkena dampak, yakni Pesisir Utara Jakarta, Pesisir Utara Jawa Tengah, Pesisir Utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa Bali, Pesisir Kalimantan Barat, dan Pesisir Makassar. Dampak tersebut dapat dirasakan mulai 19 hingga 22 Januari 2019.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar-muat di pelabuhan,” terang BMKG. Untuk itu BMKG meminta masyarakat agar selalu waspada dan siaga supaya bisa mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut tersebut.

BMKG menjelaskan, Supermoon adalah fenomena di mana bulan berada dalam jarak terdekat dengan bumi atau disebut dengan posisi perige.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers