Niat Puasa Rajab

0

Beepdo.com, Jakarta Niat Puasa Rajab, menjadi salah satu kunci yang paling banyak masyarakat Indonesia cari saat ini. Ya, kamu nggak salah karena pada 8 Maret masyarakat Indonesia yang memeluk agama Islam akan merayakan Bulan Rajab 1440 Hijriyah.

Dilansir dari situs Nu.or.id, puasa di bulan Rajab dianjurkan. Pasalnya, kita dianjurkan berpuasa sunah pada bulan-bulan agung menurut agama sebagai keterangan Syekh Nawawi Banten di bawah ini.

والعاشر صوم أيام الأشهر الحرم وهي أربعة المحرم ورجب وذو القعدة وذو الحجة. وأفضل الشهور رمضان ثم المحرم ثم رجب ثم ذو الحجة ثم وذو القعدة ثم شعبان. وظاهر كلامهم أن باقي شهور السنة على حد سواء

Artinya, “Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama adalah Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama, ” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 192).

Dari keterangan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kita dianjurkan berpuasa sunah pada bulan Muharram, Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Sya’ban.

Dan sebelum menjalankan puasa Rajab, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu niat puasa Rajab di bawah ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.
Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Itulah niat puasa Rajab. Orang yang ingin melaksanakan puasa sunah Rajab di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan mengucapkan niat sunah puasa Rajab saat itu juga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers