Pengin Berwisata ke Gunung Everest? Ini 3 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Dulu

0

Beepdo.com, Jakarta Berita menghebohkan tentang jasad para pendaki di Gunung Everst kini tengah menjadi perbincangan hangat. Kabarnya jasad para pendaki mulai bermunculan karena gletsernya mencair. Mantan Presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal Ang Tshering Sherpa pun membenarkan berita mengenai jasad pendaki yang bermunculan.

“Karena pemanasan global, lapisan es mencair dengan cepat dan jasad yang terkubur selama bertahun-tahun sekarang bermunculan,” jelas Ang Tshering Sherpa seperti dikutip dari BBC.com, Minggu (24/3). “Kami telah membawa turun jasad bebera pendaki gunung yang meninggal dalam beberapa tahun terakhir, tetapi yang lama terkubur sekarang, keluar,” tambah Ang Tshering Sherpa.

Meskipun memiliki medan yang sangat susah, namun harus diakui bahwa para pendaki sejati pasti berharap bahwa suatu hari nanti mereka akan menginjakkan kaki di Gunung Everest. Kamu juga salah satu pendaki tersebut? Sebelum benar-benar ke Gunung Everest di bawah ini adalah beberapa fakta tentang gunung tersebut yang harus kamu ketahui.

Pengin Berwisata ke Gunung Everest? Ini 3 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Dulu. (foto: Latest Stories – National Geographic)

 

  1. Memiliki Oksigen yang Sangat Tipis

Di atas Gunung Everest tekanan udaranya semakin rendah, hal tersebutlah yang membuat oksigen di sana lebih sedikit dibandingkan dengan tempat lainnya. Untuk dapat mendaki ke Gunung Everst para pendaki pun harus membekali diri dengan tabung oksigen.

  1. Gunung Tertinggi di Dunia

Tentu sudah bukan menjadi rahasia lagi, tapi inilah salah satu fakta yang nggak boleh kamu lupa. Gunung Everest memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Ada sekitar 18 jalur yang bisa kamu pilih untuk mendaki. Tapi, yang pasti medan menuju puncak Gunung Everest sangat berat karena suhunya bisa mencapai -80 derajat Fahrenheit.

  1. Suku Sherpa yang Siap Membantu

Suku Sherpa adalah mereka para penduduk yang memang tinggal di Nepal Barat. Suku Sherpa yang sudah terbiasa dengan cuaca atau udara dingin Gunung Everest akan siap membantu para pendaki. Biasanya para penduduk akan membantu membawa barang atau pun memasak untuk para pendaki.

Itulah beberapa fakta tentang Gunung Everest yang harus kamu tahu. Meskipun medannya susah, namun ternyata ada dua pendaki perempuan Indonesia yang telah berhasil mendaki Gunung Everest, yakni Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers