Tanggapan Ridwan Kamil Soal Penuntutan Kebun Binatang Bandung

0

Ridwan Kamil. (Foto: instagram.com/ridwankamil)

Beepdo Meme & Viral – Viralnya video beruang kurus di Kebun Binatang Bandung membuat masyarakat berbondong-bondong melayangkan protes dan kecaman pada pemerintah Bandung. Masyarakat menganggap pemerintah telah lalai, sampai membuat binatang terlantar.

Namun, mendapati protes tersebut, Ridwan Kamil mencoba untuk mengklarifikasi lewat akun Instagramnya. Menurutnya, kebun binatang tersebut tidak dikelola oleh pemerintah, melainkan oleh yayasan.

 

(Foto: instagram.com/ridwankamil)

Selain itu, Sebelumnya, Ridwan Kamil telah melayangkan surat teguran sejak tahun lalu ke Kementrian Lingkungan Hidup dan yayasan kebun binatang untuk segera menindak lanjuti kasus tersebut. Sebab, peristiwa tersebut telah mencoreng nama baik kota Bandung. Namun, ia tak bisa berbuat banyak karena terbentur hukum.

 

(Foto: instagram.com/ridwankamil)

“Buat kamu-kamu yang gampang emosian komen menghujat Pemkot Bandung tanpa meriset berita, Gini ya: Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan bukan milik Pemkot. Pemberian Izin, teguran hukum atau pencabutan izin semua kebun binatang se-Indonesia itu secara hukum itu adalah kewenangan Kementrian Lingkungan Hidup, bukan Pemkot . Pemkot Bandung sudah berkirim surat komplain sejak tahun lalu ke kementrian lingkungan hidup @kementrianlhk untuk bertindak terhadap isu ini dan sdh mengirim surat teguran ke yayasan kebun binatang untuk memperbaiki situasi yg mempermalukan nama baik kota Bandung. Namun secara hukum upaya kami tidak bisa lebih dari itu. Andai secara hukum milik pemkot mah, udah dari kapan2 saya beresin masalahnya,”

Netizen pun berbondong-bondong menanggapi klarifikasi Ridwan Kamil. “Tolong ditindaklanjuti pak mentri dan akang @ridwankamil walau mereka hanya hewan tapi saya sebagai manusia sedih melihatnya , apalagi sampai beruang itt makan fesesnya sendiri yaaa allah miris itu pengusaha bonbin sekiranya gga mampu buat urus hewan-hewan tsb mending hibahkan kepada bunbin lain yg bisa mengurusnya dan tidak mebuat mereka kelaparan seperti itu,” kata @qheyqiss.

 

“Harusnya ada aksi bela hewan di Bandung,” usul @harry_10969.

NULL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat