Fakta Kebiri Kimia, Hukuman yang Diberikan untuk Predator Seks

0

Beepdo.com, Jakarta Kebiri kimia kini tengah menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena hukuman kebiri kimia tersebut akan dijatuhi kepada (MA) 20 pelaku kejahatan seksual yang dijuluki sebagai predator Sembilan bocah asal Desa Mangelo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ekseskusi kebiri kimi tersebut merupakan hukuman yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk menimbulkan efek jera pada pelaku kejahatan dan juga supaya nantinya tidak ada lagi pelaku kejahatan seksual lainnya. Lalu sebenarnya apakah hukuman kebiri kimia tersebut?

Kebiri kimia adalah tindakan yang dilakukan dengan cara memasukkan bahan kimia antiandrogen, baik dengan pila tau suntikan ke dalam tubuh seseorang. Bahan kimia tersebut nantinya akan memperlemah hormon testosterone. Efek samping dari suntikan kebiri kimia tersebut dapat mempengaruhi kesuburan karena berkurangnya hormon testosteron yang berpengaruh terhadap produksi spermatozoa.

Obat yang digunakan untuk kebiri kimia berasal dari golongan Luteinzing hormone-releasing hormone (LH-RH) agonist. Obat tersebut umumnya digunakan untuk mengatasi kesulitan mengendalikan nafsu seks, fantasia tau pun dorongan seksual yang mengganggu, sadism dan kecenderungan berbahaya lainnya.

Meskipun masih menuai pro dan kontra di masyarakat sebenarnya hukuman kebiri kimia sendiri telah disahkan oleh DPR RI pada tahun 2016. Kebanyakan anggota DPR setuju bahwa RUU terkait Perpu No.1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi Undang-undang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers