Malam 1 Suro 2019: Dikenal Angker, Ternyata Ini Berbagai Mitos yang Selalu Bikin Merinding

0

Beepdo.com, JakartaMalam 1 Suro 2019 jatu pada tanggal” itulah salah satu kunci yang kini paling banyak dicari di situs pencarian Google. Jatuh pada 1 September 2019, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1141 Hijriah dikenal juga sebagai Malam 1 Suro oleh masyarakat Jawa. Dan kalau mendengar kata itu pastinya yang ada dipikiranmu langsung ke cerita yang menyeramkan, bukan?

Banyak cerita menyeramkan yang beredar di masyarakat tentang Malam 1 Suro, salah satunya adalah soal Lebarannya Makhluk Gaib. Sebagain masyarakat di masa lalu percaya bahwa Malam 1 Suro adalah malam di mana makhluk gaib akan keluar dari tempat persinggahannya. Mitos tersebut memang selalu dikaitkan dengan kemunculan makhluk halus.

 

Beberapa mitos juga menyebutkan bahwa Malam 1 Suro adalah malam yang harus diwaspadai lantaran banyak bencana atau pun musibah yang akan datang. Dan untuk menghindari tersebut zaman dahulu banyak orang yang akan melakukan ritual, seperti ruwatan atau pembersihan. Mereka yang diruwat akan terbebas dari kekotoran.

Memang banyak mitos soal Malam 1 Suro, apalagi bagi sebagaian masyarakat Jawa Malam 1 Suro dikenal sebagai bulan yang penuh dengan kesialan. Kesan mistis memang selalu hadir dalam Malam 1 Suro. 1 Suro yang menjadi tanggal tahun baru kalender Jawa akan dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di kerajaan untuk membersihkan pusaka atau yang biasa disebut jamasan.

Beberapa ritual ketika Malam 1 Suro memang masih ada, seperti di Keraton Yogyakarta ada tradisi yang dikenal dengan nama Lampah Mubeng atau Mubeng Benteng (mengelilingi Benteng). Ritual yang satu ini boleh diikuti oleh siapa pun. Dan bagi para wisatawan tentunya ritual ini menjadi tontonan yang menarik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers