Biodata Najwa Shihab, Si Tegas yang Mudah Menangis

0

Beepdo.com, Jakarta Najwa Shihab, pembawa berita dan host ini memang dikenal sangat tegas dan kritis. Ia kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan tajam ke semua narasumber yang sedang berada dihadapannya. Namun siapa yang menyangka jika perempuan kelahiran 16 September 1977 ini juga mudah menangis.

Najwa Shihab atau yang akrab disapa Nana ini memulai kariernya di dunia jurnalistik sejak 2001. Karier Nana di dunia jurnalistik begitu sukses, ia telah mewawancarai tokoh penting tak hanya tokoh dari dalam negeri, tetapi juga tokoh dari luar negeri. Kesuksesan Nana bertambah usia ia memiliki program acara sendiri yang diberi nama Mata Najwa.

Lewat program Mata Najwa, istri Ibrahim Sjarief Assegaf ini semakin menarik perhatian masyarakat Indonesia, apalagi diacara tersebut Nana selalu menghadirkan tokoh-tokoh penting bangsa Indonesia, sebut saja Joko Widodo, Megawati Soekarno Putri, BJ Habibie dan masaih banyak lagi.

 

Tak sampai di situ program andalan perempuan jebolan Universitas Indonesia (UI) Fakultas Hukum tersebut juga mendapatkan penghargaan dari ajang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Awards. Ia meraih penghargaan sebagai Program Talkshow Terbaik di tahun 2013 dan 2014.

Tak hanya itu, ia juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai Jurnalis terbaik Metro TV pada 2006. Piala Panasonic Gobel Awards tahun 2015 untuk kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavorit dan Presenter Talkshow Current Affairs & News tahun 2017. Dalam acara Asian television Award, Nana juga meraih penghargaan Highly Commended for the Best Current Affairs Presenter (2007 dan 2009).

 

Suka dan Duka Kehidupan Najwa Shihab

Dikenal sebagai perempuan yang tegas, ternyata Najwa Shihab selalu meneteskan air mata jika menceritakan soal sosok sang ayah, Quraish Shihab. Di channel YouTube-nya, Nana sempat mendatangkan Anggu C Sasmi sebagai bintang tamu, namun ternyata Anggun datang untuk memberikan kejutan buat Nana, Anggun memutar video berisi rekaman Quraish Shihab yang membicarakan masa-masa kecilnya dan Nana pun langsung menangis.

Sebagai seorang anak Najwa Shihab tentunya ia sangat bangga dan bahagia memiliki seorang ayah seperti Quraish Shihab yang selalu mendukung penuh kariernya di dunia jurnalistik. “Oh saya mendukung sekali (pekerjaannya), mendukung sekali dan sampai sekarang. Jadi dukungan itu intinya perhatian kepada anak, sampai sekarang perhatian itu masih ada,” ungkap Quraish Shihab dalam video tersebut.

Namun, Najwa juga pernah mengalami titik berat dalam hidupnya, yakni saat ia harus kehilangan putri tercintanya. Dalam sebuah postingannya Nana sempat menceritakan kesedihannya kehilangan anak keduanya. Putri kecilnya yang diberi nama Namiya hanya bertahan hidup selama empat jam kemudian meninggal dunia.

“Waktu saya hamil anak saya yang kedua. It was a tough pregnancy. Saya sampai harus bed rest 4 bulan di RS dan ga boleh turun-turun dari tempat tidur. Bahkan pertama kali saya turun tempat tidur, kaki saya sampe gemeteran.

But I really wanted to keep my daughter – Namiya. So, I tried EVERYTHING to keep her alive. Dan akhirnya, Namiya lahir. Tapi sayang… Dia hanya hidup 4 jam [hening].

It’s so heartbreaking for me. I still blame myself to this day. But that moment taught me a lot. It taught me to appreciate life. It taught me to smile although it’s hard.

Dan sampai sekarangpun saya masih belajar. Setiap hari saya masih belajar untuk mengikhlaskan kepergian Namiya walaupun berat,” Najwa Shihab.

Sedih itu sudah pasti, namun Najwa Shihab tetap mencoba untuk bangkit di tengah kehilangan anak tercintanya, Namiya. Karier Najwa Shihab di dunia jurnalistik kini tetap berlanjut, tak hanya itu sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 nanti, Najwa Shihab ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat