Mengenal Autoimun, Penyakit yang Diderita Ashanty

0

Beepdo.com, Jakarta Autoimun mendadak jadi perbincangan masyarakat dunia maya usai selebriti papan atas Tanah Air Ashanty mengunggah sebuah foto ke akun sosial media miliknya. Fotonya mungkin terlihat biasa saja, namun captionnya sepertinya telah membuat banyak orang bertanya-tanya tentang apa itu penyakit autoimun.

“Diagnosa awal kaget banget, aku kena ‘auto immune’ sesuatu yang nggak pernah saya bayangkan, dengarnya aja seram,” tulis Ashanty dalam caption fotonya. Dalam keterangan foto tersebut Ashanty juga menceritakan pada awalnya ia hanya berniat untuk mengantarkan suaminya, Anang untuk check up.

Lalu apa sebenarnya penyakit autoimun yang ditakuti oleh Ashanty tersebut? Dilansir dari Hellosehat.com, Autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh (imun) tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Padahal sistem imun bertugas untuk melawan infeksi virus, bakteri dan benda asing lainnya.

 

Karena mirip dengan gejala penyakit yang lain oleh karena itu memang penyakit ini sulit untuk didiagnosis di awal kemunculannya. Dr. Sandra Sinthya Langow, Sp. PD-KR menjelaskan hingga saat ini belum dapat ditemukan secara pasti penyebab gangguan kesehatan autoimun. Namun salah satu factor yang berperan dalam kemunculan penyakit tersebut adalah unsur genetic.

“Selain faktor genetik, infeksi bakteri dan virus juga diduga memicu penyakit autoimun. Teori lain juga menyebutkan bahwa paparan terhadap bahan kimia tertentu memicu kemunculan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini,” jelas Dr. Sandra Sinthya Langow, Sp. PD-KR, seperti dikutip dari Hallosehat.com, Rabu (9/10/2019).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers