Penyebab Meningitis, Penyakit yang Pernah Diidap Ashanty

0

Beepdo.com, Jakarta Meningitis kembali menjadi perbincangan. Seperti yang sudah kamu ketahui, beberapa waktu lalu artis sekaligus istri penyanyi Anang Hermansyah, Ashanty mengatakan bahwa dirinya didiagnosa terkena penyakit autoimun. Namun sebelum autoimun, pada 2013 lalu Ashanty juga sempat divonis mengidap penyakit meningitis.

Apa itu penyakit meningitis? Dilansir dari Alodokter.com, meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Kebanyakan meningitis memang sulit dikenali karena penyakit tersebut memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Ashanty (Beepdo.com)
Ashanty (Beepdo.com)

 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab meningits, yakni infeksi kuman, penyakit kanker dan lupus serta efek samping obat dan operasi otak. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit meningitis, salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat dan menghindari kondisi yang dapat memicu penyebaran infeksi.

Selain itu, kini juga telah ada vaksinasi untuk melindungi diri dari meningitis. Vaksin tersebut beberapa diantaranya adalah vaksin meningitis B untuk bayi berusia delapan minggu. Vaksin 6-in-1 diberikan untuk bayi berusia 8 minggu, 12 minggu dan 16 minggu. Lalu ada juga vaksin pneumokokus yang diberikan kepada bayi berusia 8 minggu, 16 minggu dan 1 tahun.

Vaksin untuk melindungi diri dari meningitis lainnya adalah dengan pemberian vaksin Hib atau MenC, vaksin MMR, dan vaksin meningitis ACWY. Meningitis virus umumnya dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu tujuh hingga 10 hari dan dapat juga diobati tanpa perlu dirawat ke rumah sakit.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers