Mengenal Bipolar, Gangguan Mental yang Diidap Marshanda

0

Beepdo.com, Jakarta Bipolar, gangguan mental yang satu ini kini kembali menarik perhatian masyarakat dunia maya. Nggak heran jika bipolar menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencarian Google. Bipolar pun dikaitkan. Dengan artis cantik Marshanda yang memang pernah didiagnosa mengidap bipolar sejak 2009 lalu.

Dilansir dari Alodokter.com, gangguan bipolar merupakan kondisi kejiwaan yang membuat penderitanya mengamali perubahan emosi drastis, dari mania (sangat senang) menjadi depresif (sangat terpuruk), atau pun sebaliknya. Dalam artikelnya yang dimuat di Alodokter.com dr. Tjin Willy juga menjelaskan soal penyebab gangguan bipolar yang ternyata penyebab pastinya masih belum diketahui.

 

Dugaan kuat gangguan bipolar disebabkan oleh dampak dari adanya gangguan pada senyawa alami yang berfungsi menjaga fungsi otak (neurotransmitter). Gangguan pada neurotransmitter tersebut dipicu oleh faktor, genetik, sosial, lingkungan dan fisik. Pada awalnya Marshanda memang sulit menerima jika dirinya mengidap bipolar.

“Terima saja kenyataannya bahwa ada bipolar dalam diri kita. Setelah itu, kita belajar mengenali gejalanya dan mengantisipasinya dengan bantuan dokter. Apabila kita masih menolak kenyataan, hidup kita tidak akan produktif,” ujar Marshanda seperti dikutip dari Sains.Kompas.com, Senin (28/10/2019).

Kini Marshanda pun tak lagi malu-malu mengakui bahwa dirinya mengidap bipolar. Gangguan mental yang diidapnya tersebut kini malah ia jadikan alat untuk mengajak orang-orang lainnya yang juga mengidap bipolar dapat terus bangkit dan tampil percaya diri. Kisah inspiratif Marshanda dapat disaksikan di channel YouTube pribadinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
346Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers