Kisah Perjalanan Karir Ahmad Dhani, Dari Panggung Musik Hingga Politik

0

Beepdo.com – Walau kini sedang tersandung kasus, namun tak bisa dipungkiri bahwa Ahmad Dhani adalah sosok yang sangat dikagumi di dunia musik. Pasalnya, pada tahun 1990an, suami Mulan Jameela ini berhasil menciptakan karya-karya luar biasa.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak perubahan yang dialami Dhani. Tak hanya tindakannya yang belakangan menimbulkan pro dan kontra, namun perjalanan karirnya juga mengalami perubahan dari musisi tulen hingga menyentuh dunia politik. Seperti apa perjalanannya?

Awal Karir

Minat Dhani pada dunia musik sudah muncul sejak dia masih duduk di bangku SMP. Dewa 19 sendiri jelas bukan band pertama yang melibatkan dirinya. Dia sempat membentuk Down Beat bersama Erwin Prasetya, Andra Junaidi, dan Wawan Juniarso yang menjadi cikal bakal lahirnya Dewa 19.

Dewa 19

Seiring berjalannya waktu, Dhani semakin produktif dengan karya-karyanya. Hingga akhirnya Dewa 19 lahir, musik-musik yang diciptakannya pun menjadi hits yang digilai banyak orang. Demi keperluan karir, band yang awalnya berbasis di Surabaya itu kemudian hijrah ke Jakarta. Karirnya pun semakin melesat dan menjadi salah satu band nomor satu di era 1990an.

Side Projects

Walau nama Dewa 19 sudah sangat dikenal, namun Dhani saat itu bukan sosok yang mudah berpuas diri. Dia mulai membentuk side project bersama reka-rekan sesama musisi. Salah satunya adalah Ahmad Band, di mana dia berkolaborasi dengan Pay, Bongki, dan Bimo. Beberapa lagu hits pun lahir dari band ini.

Republik Cinta Management (RCM)

Selain handal bermusik, Ahmad Dhani juga cukup handal di dunia bisnis. Ketika posisinya sudah benar-benar di atas, dia mulai berpikir untuk mencari penghasilan yang lebih besar daripada sekedar bermusik. Alhasil, lahirnya RCM (Republik Cinta Management).

Label musik ini muncul pada tahun 2007, di mana saat itu Dhani dikenal sebagai musisi paling tajir di tanah air. Dari manajemen ini lahirlah sejumlah artis seperti Mulan Jameela, T.R.I.A.D, Mahadewa, Dewi-Dewi, The Virgin, dan lain-lain.

Mulai Masuk Dunia Politik

Ahmad Dhani divonis 1 tahun penjara (merdeka.com)
Ahmad Dhani (merdeka.com)

Pada akhirnya Dewa 19 dinyatakan bubar, karir musik Ahmad Dhani pun mulai berkurang. Pada masa inilah dia mulai melirik dunia politik. Bahkan dia sempat menunjukkan terang-terangan pada partai atau tokoh yang didukungnya lewat musik. Terakhir kali, dia mengajukan diri sebagai caleg untuk pemilihan Surabaya dan Sidoarjo. Sayangnya, pada saat Pemilu dia sudah terganjal kasus hukum.

Aktivitas Terkini

Ahmad Dhani
Setelah divonis, bagaimana karir politik dan bermusik Ahmad Dhani? (detik,com)

Belum bebas dari penjara, baru-baru ini beredar kabar bahwa Ahmad Dhahni berencana mengajukan diri sebagai Calon Walikota Surabaya. Kuasa hukumnya, Hendarsam, membenarkan telah mengambil formulir atas nama Ahmad Dhani.

Perjalanan Ahmad Dhani sebagai public figure memang cukup panjang dan berliku. Terlepas dari karir yang penuh cerita, kehidupannya juga dipenuhi kontroversi, mulai dari perceraian, perseteruan, dan lain-lain.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers