Tuesday Exclusive Interview: Nova Eliza Bela Wanita Korban Kekerasan, Ini Motivasinya

0

Beepdo.com- Ternyata masih banyak wanita korban kekerasan yang tak berani bersuara. Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan pun digaungkan pada setiap 25 November sampai 10 Desember. Melihat kenyataan ini Nova Eliza tergerak membantu mereka. Lewat yayasan Suara Hati Perempuan ia mengajak rekan sejawatnya untuk membantu kaumnya yang masih terkungkung pada beragam tindak kekerasan. Apa yang menjadi motivasinya melakukan semua ini? Ia menceritakannya kepada Beepdo.com.

Ternyata inspirasinya tak jauh-jauh, orang dari kampung halamannya sendiri,  dari Nangro Aceh Darussalam. “Awal mulanya dari rasa empati dan simpati pada perempuan Indonesia yang masih banyak jadi korban kekerasan. Ketika saya sedang mencari materi untuk film saya di Aceh. Di sana daerah asal saya, ternyata masih banyak korban kekerasan dari sisa konflik sebelumnya. Mereka cerita soal keluh kesah yang dialami. Dari sana saya tergerak untuk membantu,” katanya saat ditemui usai menjadi pembicara sebuah seminar di Fakultas Hukum, Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Rabu (4/12/2019).

Nova Eliza. (Beepdo.com)

Masih banyak wanita yang menjadi korban kekerasan ini yang tak berani bicara. “Karena itulah saya mendirikan Yayasan Suara Hati Perempuan. Kami berusaha untuk memberikan semangat kepada mereka yang menjadi korban kekerasan untuk berani buka suara. Kegiatan yang kami lakukan mulai dari penyuluhan, edukasi, seminar, konseling dan lain-lain,” jelasnya.

Media yang digunakan tak melulu yang sudah seing dilakukan, namin Nova dan timnya tak jarang memilih  metode seni, dunia yang ditekuninya selama ini. “Kami menyampiakan pesan lewat media seni, seperti teater, fotografi dan sebagainya,” katanya.

Nova Eliza jadi pembicara dalam sebuah seminar mengantisipasi Hoax di Universitas Trisakti. (Beepdo.com)

Mulanya Nova sendirian dan beberapa tiknya. Kini ia mulai mengajak koleganya sesama bintang sinetron, bintang film dan penyanyi untuk ikut terlibat kampanye ini. Misinya adalah stop kekerasan pada wanita dan bagaimana memerdayakan mereka.

Nova Eliza senang karena banyak figur publik yang ia ajak merespon baik. Ternyata apa yang dilakukan ini punya kesamaan visi dan misi dengan mereka. Ia jadi tak sendirian membela wanita korban kekerasan. Ia berharap makin banyak pihak yang peduli pada persoalan ini. Baik perorangan atau instansi baik pemerintah maupun swasta.

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers