Tuesday Exclusive Interview: Nova Eliza Concern Cari Solusi Tindak Kekerasan pada Artis Wanita

0

Beepdo.com– Kekerasan pada wanita tak hanya terjadi ada masyarakat awam, namun juga pada mereka yang berstatus figur publik. Terhadap para wanita korban kekerasan ini ada cara dan pola pendekatan yang dilakukan Nova Eliza dan mereka yang juga concern pada kampaye anti kekerasan pada wanita.

Diakui Nova tak semua artis yang menjadi korban kekerasan itu berani bicara. “Kekerasan itu tidan hanya dalam bentuk fisik, tapi juga verbal yang dilakukan oleh para predator. Mereka yang latarbelakangnya artis juga tak semua berani bicara dengan beragam alasan,” katanya.

Nova Eliza. (Beepdo.com)

Nova bersama Melanie Soebono dan perempuan aktivis lainnya punya cara sendiri berhadapan dengan figur publik yang menjadi korban kekerasan. “Kami punya forum namanya Ngopi Sore. Di forum itu apa saja bisa diceritakan dan dibahas. Dan mereka tak perlu takut berbicara. Karena tidak akan bocor apa yang mereka ungkapkan. Ini wadah bagi mereka untuk berani bicara,” katanya.

Ketakutan atau ketidakmauan bicara soal kekerasan yang dialami ternyata tidak melihat latarbelakang profesi. Yang berasal dari artispun punya broblem sendiri soal cara mengungkapkan kekerasan yang dialami.

Nova Eliza. (Beepdo.com/AK)

Ketika ditanyakan pada Nova Eliza apakah penyelesaian secara kekeluargaan atau menempuh jalur hukum yang lebih baik bagi wanita korban kekerasan? “Kita lihat dulu seberapa berat tingkat permasalahannya, kalau masih bisa dalam toleransi dibicarakan ya bicarakan secara kekeluargaan. Tapi kalau khawatir perbuatan itu akan terulang lagi dan lagi, ada baiknya melapor pada organisasi perempuan yang concern dan kalau sudah para banget lapor ke institusi formal pemerintah,” tandasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers