Ada Salju di Jakarta! Benarkah?

0


Sabtu (6/5), Jakarta dihebohkan dengan turunnya salju di kawasan Jalan Jendral Sudirman. (Foto: kabar24.binsis.com)

Bak petir di siang bolong, kabar turunnya salju di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu (6/5) muncul tiba-tiba dan mengagetkan warga yang mengetahui. Kabar tersebut mulanya datang dari netizen di media sosial yang mem-posting video dan foto keadaan Jalan Sudirman dengan lapisan putih serupa salju yang menyelimutinya.

“Salju sore ini di Jakarta,” kata netizen bernama Rani Rasyidin @drranispp di Twitter. Direkam dan difoto dari dalam kendaraan, sekilas, lapisan putih tersebut memang tampak seperti salju. Namun, jika didekati, lapisan tersebut bukanlah salju seperti yang dikatakan oleh netizen di media sosial. Dikutip CNN, lapisan putih itu adalah dampak dari proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) berupa busa dari cairan sabun.

“Ini adalah material sisa yang masih tersimpan di lokasi proyek MRT di Patung Pemuda, meskipun kegiatan pengeboran terowongan sudah selesai seluruhnya pada 23 Februari 2017,” kata Hikmat dikutip dari CNNIndonesia.com pada Sabtu (6/5). Lebih lanjut, busa tersebut merupakan cairan pelicin yang dipakai untuk melunakkan tanah selama proses pengeboran trowongan di kawasan Patung Pemuda, Jakarta Selatan.


Mulanya, cairan sabun digunakan oleh karyawan proyek MRT untuk membersihkan peralatan kontraktor. Tapi, karena ada insiden lupa menutup keran tangki, cairan tersebut mengalir hingga ke atas permukaan tanah dan tersebar hingga 200 meter ke Ratu Plaza. Menurut Hikmat, cairan tersebut tidak berbahaya.


(Foto: suara.com)

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika menjelaskan bahwa tidak mungkin salju turun di Jakarta. Waaaah kirain salju beneran ya, Beeplovers? Ternyata cuma sabun. Eh tapi kalau di Jakarta turun salju ngeri nggak, sih?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers