Ferdinand Monoyer Jadi Google Doodle, Dia Siapa Sih?

0


(Foto: google.com)

Membuka laman Google pagi ini tampak ada yang berbeda. Seperti sebelum-sebelumnya, Google memang kerap membuatkan gambar bagi orang-orang spesial di hari ulang tahun atau untuk merayakan sebuah momen. Nah, hari ini, Selasa (9/5) ada Ferdinand Monoyer nih yang kata Google sedang berulang tahun ke-181. Wow! Tua juga, ya. Eits, tapi orangnya tentu sudah wafat sejak 11 Juli 1912 lalu, ya, Beeplovers.

Lantas siapa sih Ferdinand Monoyer? Kata Google, Ferdinand Monoyer adalah seorang dokter mata dari Perancis, yang dikenal mengenalkan dioptre pada tahun 1872. Di dunia kesehatan mata, Ferdinand Monoyerlah yang menemukan grafik Monoyer, yang digunakan untuk menguji ketajaman visual. Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan grafik itu. Ini, lho, Beeplovers.

Dikutip dari ensiklopedia terbuka, Wikipedia, Ferdinand Monoyer memasukkan namanya ke dalam table secara vertikal dari bawah ke atas pada setiap sisi grafik, Sehingga, seseorang yang sedang diuji visualnya dapat membaca namanya. Nggak heran, sih, kalau Monoyer jadi dokter mata. Sebab, merupakan putra seorang dokter militer Prancis.

Karir Monoyer di dunia kesehatan mata patut diperhitungkan. Pada 1871, Monoyer menjabat sebagai Associate Professor of Medical Physics di Fakultas Kedokteran Universitas Strasbourg. Kemudian, pada 1872-1877, dia adalah direktur Klinik Mata Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Nancy. Oiya, sejak 1877-1909, dia juga seorang profesor fisika medis di Fakultas Kedokteran Universitas Lyon, lho.

Sayang, pada usia 76, Monoyer tutup usia. Ia dimakamkan di Cimetière de la Guillotière di Lyon. Meski Monoyer telah meninggal, seorang Profesor Hugounenq melakukan napak tilas pada perjalanan karir Monoyer sebagai ketua di Universitas Lyon. Bahkan, Dr. Louis Dor berpidato atas nama Ophthalmological Society of Lyon sebagai penghormatan untuk Monoyer.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers