Cafe Code: Delik Aduan dan Bukan Delik Aduan, Mana yang Bisa Dicabut Laporannya?

0

Beepdo.com- Aksi lapor melaporkan atas sebuah dugaan tindakan pelanggaran hukum jamak terjadi, bisa dilakukan orang awam atau para selebritas kita. Dalam kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Kriss Hatta atas Anthony Hillenaar keduanya sudah berdamai, namun ternyata perkaranya jalan terus.  Karena menjadi perhatian publik Henry Indraguna akan membahas soal apakah delik aduan atau yang bukan delik aduan yang bisa cabut laporan polisi, dalam Cafe Code kali ini.

Sebelum berbicara soal laporan kepolisian yang bisa dicabut atau ditarik dan yang tak bisa dicabut menurut Henry Indraguna pada dasarnya setiap tindakan pidana itu ada yang merupakan delik aduan dan delik biasa atau bukan delik aduan.

“Setiap warga negara punya hak membuat laporan ke polisi kalau dia dirugikan oleh orang atau pihak lain. Namun sebelum melakukan pelaporan pastikan memiliki bukti-bukti awal yang luar dan saksi-saksi yang cukup. Karena hal akan membuatkan saat laporan itu diproses,” kata Henry.

Henry Indraguna. (Beepdo.com/AK)

Secara umum dari semua perkara yang ada bisa digolongkan dalam dua katagori. Delik aduan dan delik biasa atau bukan delik aduan. “Perkara yang digolongkan ke dalam delik biasa atau bukan delik aduan tidak bisa serta-merta dicabut. Kalau delik aduan bisa dicabut karena permintaan pelapor atau korban,” katanya.

Jadi dalam delik biasa meski pelapor atau korban sudah mengajukan permohonan cabut laporan pihak kepolisian tetap memproses perkaranya. “Yang masuk katagori bukan delik aduan ini antara lain pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, perampokan, penipuan, penggelapan,” ujarnya.

Henry Indraguna. (Beepdo.com/AK)

Sedangkan yang masuk dalam katagori delik aduan lanjut Henry dibagi lagi dalam dua katagori, absolut dan relatif. “Kasus perselingkuhan adalah contoh delik aduan yang absolut. Untuk perkara delik aduan yang relatif biasanya perkara pidana yang terjadi di lingkungan keluarga,” kata Henry Indraguna untuk Cafe Code. Bagaimana jika dalam laporan yang masuk bukan delik aduan kemudian kedua belah pihak berdamai? Apa implikasi hukumnya dari perdamaian itu? Selengkapnya tonton tayangan ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers