Gerhana Matahari 2019: Ada Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019

0

Beepdo.com, Jakarta Gerhana matahari 2019 atau gerhana matahari cincin akan terjadi pada Kamis, 26 Desember 2019. Boleh dikatakan bahwa ini adalah gerhana matahari terakhir yang akan terjadi pada tahun 2019. Jangan sampai kamu lewatkan karena gerhana tersebut bisa dilihat oleh beberapa negara di Asia tenggara dan juga Arab.

Lalu bagaimana dengan Indonesia, apakah masyarakat Indonesia juga bisa melihat gerhana matahari cincin tersebut? Dilasnir dari Forbes, Kamis (26/12/2019), sayangnya gerhana matahari tersebut tidak dapat dilihat secara langsung oleh semua masyarakat Indonesia, hanya dibeberapa daerah saja gerhana matahari dapat terlihat.

Gerhana matahari cincin sendiri hanya dapat terlihat di negara-negara Arab, yaitu Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, bagian selatan India, bagian utara Sri Lanka, Samudera Hindia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Pulau Guam. Selain negara tersebut, masyarakat Australia juga dapat melihatnya, namun hanya gerhana matahari sebagian saja.

Gerhana Matahari 2019: Ada Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019. (Foto: DNAIndia.com)

 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan di Indonesia sendiri gerhana matahari cincin tersebut diprediksi akan dimulai pada pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncaknya pada 12.17 WIB. Beberapa daerah di Indonesia yang bisa melihat gerhana tersebut, yakni Padang Sidempuan, Sibolga, dan Kabupaten Siak.

Ada beberapa daerah lainnya di Indonesia yang juga bisa menikmati gerhana matahari cincin, yaitu Kepulauan Riau, sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yaitu Kabupaten Singkawang. Jadi, masyarakat di Ibu Kota Jakarta tidak dapat bisa mengamati gerhana matahari 2019 secara langsung nih. Gerhana matahari cincin sendiri baru akan terjadi lagi pada April 2023 mendatang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers